9 Permasalahan Psikis Anak Usia Sekolah Dasar
Cari Berita

Atas


9 Permasalahan Psikis Anak Usia Sekolah Dasar

Kamis, 02 April 2020

9 Permasalahan Psikis Anak Usia Sekolah Dasar
Masalah psikis anak akan mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah. Kenali 9 permasalahan psikis anak usia sekolah dasar ini.

Bagi guru SD, tentunya banyak masalah yang akan Anda temukan saat menjadi wali kelas. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah masalah psikis pada anak. Tak jarang masalah ini akan berdampak pada prestasi anak di kelas. Nah, agar Anda paham dengan beragam masalah psikis anak, berikut 9 permasalahan psikis anak usia sekolah dasar.

Permasalahan Psikis Anak Usia Sekolah Dasar


Terkadang penurunan prestasi anak menjadi momok tersendiri bagi guru. Tak jarang beberapa guru akan melakukan evaluasi proses pembelajaran hingga menyajikan cara pembelajaran yang asyik bagi anak didiknya.

Tetapi, ternyata banyak pula permasalahan ada di diri anak sendiri. Anak menjadi kurang fokus terhadap sistem pembelajaran yang disajikan dikarenakan anak memiliki masalah psikis. Masalah psikis ini tentu saja harus diketahui oleh para guru, sehingga dapat mempermudah mencari jalan keluar untuk meningkatkan prestasi anak.

1. Sulit Berkonsentrasi

Salah satu masalah psikis yang umum terjadi pada anak adalah kesulitan untuk berkonsentrasi. Kesulitan berkonsentrasi pada anak akan membuat siswa menjadi sulit menangkap pelajaran yang Anda berikan. Hal inilah yang menjadi pemicu anak mengalami penurunan prestasi.

Anda perlu melatih anak untuk berkonsentrasi dengan menerapkan pembelajaran interaktif bagi anak. Hal pertama yang perlu dicermati adalah minimal rentang konsentrasi anak. Anda bisa menghitung rentang konsentrasi anak, dimana batas minimalnya adalah 1 menit dikali dengan usia anak.

2. Hiperaktif

Hiperaktif menjadi masalah psikis anak yang biasanya terjadi sejak masih berusia dini. Selain dapat membuat prestasi anak di bawah rata-rata, anak yang hiperaktif cenderung memiliki perilaku yang dapat membahayakan teman sekelasnya.

3. Kecanduan Gadget

Gadget menjadi salah satu barang elektronik yang kini umum digunakan oleh rentang usia berapapun, termasuk anak usia sekolah dasar. Tak jarang ketika anak sudah mengalami kecanduan gadget, prestasi di sekolahnya cenderung akan merosot.

Anak yang sudah kecanduan gadget biasanya tidak akan mengenal waktu dan tempat untuk memainkan gadget dimanapun. Terkadang siswa juga akan membawa gadget ke sekolah untuk dimainkan.

4. Broken Home

Perceraian orangtua ternyata memberi dampak bagi masalah psikis anak. Meski masih berusia dini, 9 permasalahan psikis anak usia sekolah dasar ini bisa menjadi pemicu penurunan prestasi anak didik. Selain itu, anak yang mengalami dampak broken home cenderung akan memiliki emosi yang kurang stabil.

5. Affek

Salah satu masalah psikis anak yang perlu diwaspadai adalah affek. Anak yang mengalami affek cenderung memiliki suasana hati yang berubah-ubah secara drastis. Tidak hanya membuat masalah dengan teman sekelasnya saja, dampak dari affek juga terkadang akan berimbas pada kesulitan anak untuk berkonsentrasi.

6. School Refusal

School refusal atau mogok sekolah mungkin akan sering Anda temukan di sekolah. Untuk mengatasi anak yang mogok sekolah, Anda perlu berbicara langsung pada anak mengenai penyebabnya. Selain itu, untuk mengatasi anak yang mogok sekolah juga memerlukan bantuan orangtua untuk membujuk anak agar mau berangkat ke sekolah.

7. Gangguan Psikosomatik

Terkadang ada anak yang ketakutan saat masuk ke pelajaran yang tidak disukainya. Ketakutan anak pada pelajaran tersebut akan berdampak pada pikiran anak yang menganggap pelajaran terjsebut sukar untuk dipelajari. Hal ini akan membuat anak acuh pada pelajaran tersebut, sehingga prestasi nilai untuk pelajaran tersebut tidak cukup memuaskan.

8. Korban Bullying

Beberapa anak sekolah dasar sudah menjadi korban bullying dari teman-temannya. Hal ini tentu saja akan berdampak negatif pada psikis anak. Biasanya anak cenderung menarik diri dari pergaulan dan merasa kurang percaya diri, terutama saat anak berada di sekolah.

9. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan seperti kurang percaya diri ataupun kurang dukungan dari orangtua juga termasuk salah satu masalah psikis pada anak usia sekolah dasar. Masalah ini akan membuat anak mengalami ketakutan hingga memicu anak tidak bersemangat saat berada di sekolah. Jika masalah ini tidak segera diselesaikan, biasanya anak akan sulit berkonsentrasi dan menurun prestasi di kelasnya.

Memahami 9 permasalahan psikis anak usia sekolah dasar dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk anak didik Anda. Sebelum Anda mencoba menyelesaikan masalah psikis anak, hindari untuk beranggapan bahwa anak didik Anda sulit diatur ataupun memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata.