Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ucapan yang Harus Orang Tua Hindari Saat Anak Mengalami Stres

Ucapan yang Harus Orang Tua Hindari Saat Anak Mengalami Stres

Anak dengan usia dini memang belum terlalu banyak mengenal asam garam dalam kehidupan. Meski begitu bukan berarti anak tidak bisa mengalami stress. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun sebenarnya terdapat beberapa ucapan yang harus orang tua hindari agar anak tidak tambah tertekan.

Stress sangat mungkin terjadi pada buah hati kalian, apalagi mereka belum mengerti cara dalam menyelesaikan masalah. Kondisi seperti ini bisa saja muncul karena tuntutan dari lingkungan sekitar maupun lingkungan sosial. Sayangnya masih ada orang tua yang tidak menyadari kondisi seperti ini pada anak-anak.

Ucapan yang Harus Orang Tua Hindari Saat Menghadapi Anak yang Mengalami Stress

Tidak mudah memang untuk bisa mengetahui gejala stress pada anak. Namun, terdapat tanda yang bisa mengindikasikan bahwa anak sedang mengalami stress. Seperti nafsu makan yang berubah, mudah marah, sering mengompol, sulit konsentrasi saat belajar, bahkan sulit tidur.

Sebagian orang tua tidak menyadari bahwa kegiatan buah hati di sekolah sudah mengikis sebagian besar tenaganya. Terkadang niat untuk memberinya wawasan tambahan di luar jam sekolah dengan les atau kursus, justru berpotensi membuatnya semakin kelelahan. Kesibukan anak di luar jam sekolah bisa menjadikannya kehilangan waktu untuk bermain.

Pada saat anak mengalami stress atau tertekan, biasakan orang tua untuk menghindari ucapan yang bisa menjadikannya semakin stress.

1. Ah, Kamu Terlihat Baik-Baik Saja

Terkadang tidak semua anak menunjukkan wajah yang sedang membutuhkan bantuan. Dengan kata lain, mimik wajah pada akan tak selalu mencerminkan seperti apa isi hati dan perasaannya dalam segala hal. Jika orang tua tidak pandai dalam memperhatikan perubahan pada buah hati, hal ini justru akan membuat anak mengalami penyakit mental.

Lihat juga : Yang Harus Dilakukan dan Dihindari Untuk Membuat Anak Cerdas

Sehingga ketika kalian mengetahui anak sedang tidak baik-baik saja, maka cobalah untuk merangkulnya dan memberi kata-kata yang menenangkan. Sebagai orang tua, kalian harus bisa hindari memberi ucapan sepele yang menyakitkan hati anak. Seperti, kamu terlihat baik- baik saja, ah, wajah kamu terlihat sangat bahagia.

Saat orang tua menanggapi dengan keraguan, hal ini dapat membuat anak merasa tidak nyaman bercerita. Sehingga anak bisa saja meragukan dirinya sendiri.

2. Jangan Cengeng

Terkadang orang dewasa menganggap bahwa kesulitan yang anak hadapi merupakan gangguan kecil saja. Padahal bagi si anak, bisa saja hal itu merupakan sebuah hambatan yang sangat sulit intuk diatasinya. Sebagai orang tua yang bijak, sebaiknya harus bisa hindari ucapan yang akan menjatuhkan mental anak. Biasakan untuk tidak menyepelekan kondisi anak dengan mengatakan, "masa baru begitu saja sudah menyerah, jangan cengeng dong". Ucapan seperti itu akan menjadikan anak menganggap bahwa orang tua Telah menyepelekan apa yang dirasakan anak.

3. Biarkan ini Berlalu

Ucapan ini memang tidak salah, namun nyatanya ucapan tersebut tidak memberikan ketenangan pada anak. Anak yang sedang stress bahkan sulit untuk membayangkan masa depan karena tertekan dengan kondisinya saat ini. Mereka tidak akan mudah untuk melarikan diri dari perasaan gundahnya, terlebih jika anak mengalami trauma. Orang tua harus memberi dukungan penuh pada anak, dan hindari memberi ucapan yang terlihat sepele namun tidak memberi solusi. Sehingga, ucapan yang harus orang tua hindari ini wajib dan penting untuk diketahui.