Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kesehatan Mental Anak, Tips Untuk Orangtua Menjaganya

Kesehatan Mental Anak, Tips Untuk Orangtua Menjaganya

Kesehatan mental anak perlu orangtua jaga dengan baik. Menurut WHO yang merupakan Badan Kesehatan Dunia jika 1 dari 4 anak mengalami adanya gangguan mental. Gangguan ini bermacam-macam, seperti ADHD, gangguan perilaku, kecemasan, depresi, sampai sindrom Tourette. Dengan adanya gangguan seperti ini, sebagai orangtua wajib menjaga kesehatan mental buah hati.

Kesehatan Mental Anak, Orangtua Lakukan Ini


Anak-anak bisa tumbuh dengan baik jika orangtua menjaga kesehatan mentalnya sehingga memiliki hubungan baik dengan keluarga dan temannya. Namun mereka yang mengalami penurunan kesehatan mental dapat berdampak pada turunnya prestasi sekolah, gangguan tidur, sampai keluhan fisik lainnya. Untuk menjaga kesehatan mental secara cepat, maka orangtua bisa lakukan hal berikut ini.

Bangun Kepercayaan

Hal pertama dan menjadi pokok untuk menjaga kesehatan mental anak adalah dengan membangun kepercayaan kepada anak untuk orangtuanya. Hal ini bisa membuat anak memiliki sandaran ketika mereka merasa gelisah serta memiliki tempat untuk berbagi. Jika hal ini dilakukan, maka anak bisa tumbuh dengan tidak insecure. Salah satu cara membangun kepercayaan anak bisa dengan menepati janji dan membuat mereka nyaman berada di sisi orangtuanya.

Hubungan Baik

Jika orangtua dan anak memiliki hubungan baik, maka bisa mencegah adanya gangguan mental. Untuk itu, lakukan aktivitas menyenangkan bersama anak seperti membaca buku, menggambar, mewarnai, dan kegiatan lainnya yang membuat anak nyaman dan senang. Tidak hanya bersama orangtuanya, namun bisa melalui kakak, adik, kakek, nenek, dan yang lainnya. Lalu berikan ruang bagi anak bisa memiliki waktu untuk bermain bersama temannya.

Rasa Percaya Diri

Untuk mencegah gangguan mental anak, maka tingkatkan rasa percaya diri anak dengan baik. Karena anak yang memiliki rasa percaya diri, tentu bisa melakukan apa saja dengan kemampuannya. Sehingga mereka bisa berpikiran positif dan bangga terhadap diri mereka sendiri. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, maka berikan ruang dan mendukungnya dengan tidak melarang anak ketika ingin melakukan eksplorasi.

Redakan Stres Anak

Orangtua tentunya paham jika stres merupakan hal wajar dan normal. Hal ini harus anda ajarkan kepada anak untuk mengelola emosi dan stres mereka. Bisa saja anak stres akibat banyak pekerjaan rumah yang dibebankan sekolah padanya atau bisa juga karena adanya perselisihan dengan temannya. Untuk itu, orangtua memiliki peran penting dalam mengajarkan dan mendidik anak agar memahami cara meredakan stres dan emosi mereka.

Dampingi anak untuk memecahkan masalah mereka dengan lebih efektif sehingga anak tidak memiliki daya stres yang tinggi. Namun orangtua juga perlu ingat untuk memberikan pemikiran yang tenang dan kesabaran kepada anak. Berikan contoh untuk orangtua ketika menghadapi masalah di depan anak untuk tidak mudah emosi dan stres. Sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mental anak.

Berlangganan via Email