Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Tematik Semester 1 Kelas 4

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Tematik Semester 1 Kelas 4

Penilaian Tengah Semester( PTS) atau dulu disebut dengan Ujian Tengah Semester (UTS) semester 1 kelas 4 digelar pada September minggu akhir atau akhir bulan Oktober. Proses penilaian hasil belajar berbentuk PTS dilaksanakan dengan pendekatan tematik. Ini sesuai dengan yang diterapkan oleh Kurikulum 2013.


Dalam Kurikulum 2013 (K- 13) kelas 4 ada sembilan tema. Tiap tema terdiri dari 3 subtema, serta tiap subtema terdapat 6 pembelajaran. PTS kelas 4 semester ganjil terdiri dari 3 tema. SekolahDasar.Net akan memberikan soal latihan PTS semester ganjil kelas 4. Tema yang digunakan untuk PTS semester 1 Kelas 4 adalah sebagai berikut:

Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Subtema 1 Keragaman Budayaku
Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman
Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman

Tema 2 Selalu Berhemat Energi
Subtema 1 Macam-Macam Sumber Energy
Subtema 2 Pemanfaat Energi
Subtema 3 Gaya Dan Gerak

Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema 1 Hewan Dan Tumbuhan di lingkungan Rumahku
Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku
Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan

Download Kumpulan Soal PTS Kelas 4 Semester 1 dan Kunci Jawabannya


Soal PTS Tematik kelas 4 semester ganjil terdiri dari sebagian kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran: PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Soal-soal latihan evaluasi tengah semester 1 (PTS) kelas 4 serta kunci jawabannya dalam satu folder .rar bisa didownload lewat tautan berikut ini:


Soal PTS semester 1 kelas 4 tematik terdiri dari soal pilihan ganda, isian pendek, serta soal uraian. Soal disusun berdasarkan kisi- kisi indikator KD muatan pelajaran. Buat bahan belajar anak serta menambah bank soal kelas 4 bisa mengunduh soal latihan PTS 1 kelas 4 di atas yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Tips Sukses Menghadapi PTS


Memperbanyak latihan soal untuk menghadapi PTS bermanfaat untuk mengukur seberapa mengerti anak dengan materi yang sudah dipelajari. Selain itu, dengan memiliki banyak latihan soal, anak bisa mengetahui variasi soal. Anak lebih siap menghadapi bermacam jenis soal yang mungkin muncul saat PTS semester 1 kelas 4 nanti.

Saat belajar materi pelajaran dan latihan soal, sebaiknya cari juga sumber atau bahan ajar lain di internet. Di atas sudah disediakan kumpulan soal PTS kelas 4 semester 1 yang dapat dicoba. Soal latihan PTS semester 1 yang sudah didownload juga dapat diprint. Jadi, kalian tidak perlu capek-capek mencatat soalnya lagi.