Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peluang Usaha Sampingan untuk Guru, Mana yang Sesuai Denganmu?

Peluang Usaha Sampingan untuk Guru, Mana yang Sesuai Denganmu?

Memiliki penghasilan tambahan di luar dari pekerjaan utama, siapa yang tidak mau? Terlebih, saat ini semakin banyak terbuka peluang usaha sampingan. Meskipun awalnya terlihat berat karena harus mengeluarkan tenaga lebih, usaha sampingan cukup menjanjikan, lho. Tidak sedikit yang sudah membuktikan bahwa usaha sampingan malah bisa menghasilkan lebih banyak uang dibanding pekerjaan utamanya.

Jika kamu ingin mulai memiliki usaha sampingan, kamu bisa membuka bisnis sendiri atau mencari pekerjaan sampingan seperti part-time atau freelance. Banyak yang sudah melakukannya, termasuk guru. Guru memang memiliki peluang usaha sampingan yang luas.

Alasan Guru Punya Peluang Usaha Sampingan

Jika kamu seorang guru, mungkin sudah saatnya kamu mulai untuk memiliki usaha sampingan. Apalagi jika saat ini gajimu kurang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Mengingat gaji guru di Indonesia memang cukup kecil, terlebih untuk guru honorer. Keadaan yang memaksa seperti ini pada akhirnya membuat banyak guru memiliki usaha sampingan. Namun, sebagai seorang guru, kamu punya peluang yang luas, kok.

Pertama, kamu memiliki waktu yang luang setelah jam pulang sekolah. Dengan waktu ini, kamu bisa menggunakannya untuk usaha sampingan. Meskipun terlihat luang, kamu harus tetap memanajemen waktu dengan baik agar semua tugasmu sebagai seorang guru tetap terselesaikan dengan baik. Kedua, sebagai seorang yang bekerja pada bidang pendidikan, kamu punya modal ilmu yang banyak dibutuhkan jasanya saat ini, seperti mengajar sebagai guru privat.

3 Peluang Usaha Sampingan untuk Seorang Guru

Jika kamu sudah mantap ingin mulai memiliki usaha sampingan, saatnya memikirkan apa yang akan kamu lakukan. Berikut tiga rekomendasi usaha sampingan yang cocok dengan profesi kamu.

1. Mengajar Kursus

Sudah menjadi rahasia umum jika mengajar kursus, bimbel, atau menjadi guru privat adalah usaha sampingan banyak guru sekolah. Dikenal sebagai seorang pendidik, banyak orang tua yang akan dengan mudah mempercayakan anaknya kepada kamu untuk belajar secara privat. Dengan memilih usaha sampingan mengajar, kamu akan menyimpan tenaga karena tidak perlu belajar hal baru yang berbeda dari rutinitas.

2. Menjadi Content Creator di Youtube

Saat ini banyak media yang bisa menjadi penyalur karya, salah satunya Youtube. Kamu juga bisa mencobanya. Agar tetap sesuai dengan profesi, kamu bisa menjadi seorang youtuber edukasi. Misalnya kamu seorang guru matematika, maka kamu bisa membuat video belajar matematika. Dalam prosesnya, kamu harus mulai untuk belajar membuat video hingga menentukan konten belajar yang seru. Kamu bisa menjadikan youtuber edukasi yang telah sukses menjadi role-model.

3. Berbagi Ilmu dengan Blogging

Peluang usaha sampingan yang ketiga adalah menjadi blogger. Ini cocok untuk kamu yang hobi menulis. Kamu bisa memberikan ilmu melalui setiap tulisan di blog pribadi kamu. Misalnya kamu seorang guru biologi, kamu bisa menulis apa saja tentang pelajaran biologi.

Saat ini, anak-anak sangat pandai menggunakan gawai dan sambungan internet, sehingga tulisanmu semakin memiliki peluang untuk mendapatkan banyak pembaca. Agar blog kamu terlihat terpercaya dan mudah diingat oleh pembaca, salah satu tipsnya adalah menggunakan domain yang umum, seperti “.com”. Kamu bisa beli domain murah untuk kebutuhan blog mu.

Peluang Usaha Sampingan Mana yang Akan Kamu Coba?

Sampai di sini, apakah kamu sudah siap untuk memanfaatkan peluang usaha sampingan? Usaha sampingan mana yang kira-kira ingin kamu lakukan? Yuk, bagikan artikel ini ke rekan gurumu agar mereka juga segera memanfaatkan peluang kerja sampingan!