Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Penilaian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 5 dan Kunci Jawabannya

Soal Penilaian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 5 dan Kunci Jawabannya

Penilaian Tengah Semester (PTS) kelas 5 untuk mata pelajaran Matematika terpisah dengan Tematik. Pada Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk kelas 5, Matemtika menjadi mata pelajaran sendiri. Selain itu, mata pelajaran PJOK juga diluar pembelajaran tematik.

Soal PTS semester ganjil Matematika kelas 5 disusun berdasarkan kisi-kisi. Jadwal PTS atau Ulangan Tengah Semester (UTS) dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan (Kaldik) yaitu sekitar akhir bulan September sampai awal bulan Oktober.

Pada tengah semester 1 mata pelajaran Matematika kelas 5 setidaknya ada 2 Kompetensi Dasar (KD) untuk bahan penilaian. Berikut KD mata pelajaran Matematika untuk penilaian tengah semester 1 kelas 5:

3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal

Soal Penilaian Tengah Semester 1 Matematika Kelas 5

11. Ibu memiliki 3/4 kue. Kemudian diberikan kakak 1/3 dan kepada adik  1/6. Berapa sisa kue Ibu untuk ayah ?

12. Rizal dan Tio akan pergi ke Alam Kandung yang berjarak 6,5 km dengan menaiki sepeda. 2,6 km pertama mereka beristirahat sebentar. Kemudian mereka melanjutkan perjalannya sejauh 2,3 km. Berapa lagi jarak yang harus ditempuh agar sampai di Alam Kandung?

23. Cindy membeli baju di Toko Jakarta Mode dngan harga Rp 125.000. Cindy mendapat diskon 10%. Berapa harga baju yang harus dibayarkan oleh Cindy?

24. Ibu membeli 3 1/2 kg tepung untuk membuat kue. Jika setiap kue membutuhkan 1/4 kg tepung. Berapa jumlah kue yang dapat dibuat oleh Ibu?

Download Soal dan Kunci Jawaban PTS Semester 1 Matematika Kelas 5

Selengkapnya soal UTS atau soal penilaian tengah semester 1 mata pelajaran Matematika kelas 5 sesuai Kurikulum 2013 yang berformat .pdf dan kunci jawabannya dapat didownload melalui tautan berikut ini:
Soal ulangan tengah semester ganjil mata pelajaran Matematika kelas 5 K-13 terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi PTS atau PAS, khususnya kelas 5 SD/MI semester 1 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.