Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru

5 Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru

Menjelang tahun ajaran baru biasanya orang tua akan sibuk melengkapi kebutuhan anak sekolah. Tak sedikit orang tua yang menghabiskan banyak uang untuk berbelanja kebutuhan sekolah anak yang akan masuk sekolah baru atau naik kelas.


Orang tua harus membeli kebutuhan sekolah, mulai dari alat tulis sampai seragam sekolah. Orang tua bisa tetap berhemat ketika berbelanja kebutuhan anak sekolah. Berikut tips hemat penuhi kebutuhan jelang tahun ajaran baru:

1. Buat daftar kebutuhan sekolah anak

Langkah pertama untuk menghemat keungan keluarga yaitu dengan membuat daftar barang-barang kelengkapan sekolah yang perlu dibeli. Jika barang yang harus dimiliki sangat banyak, maka urutkanlah dari barang prioritas atau yang harus dibeli terlebih dahulu. 

Sementara itu, jika ada barang yang belum terlalu diperlukan dalam waktu dekat, dapat dibeli di lain waktu, supaya pengeluaran tak sekaligus besar. Ini bisa membantu Anda untuk sedikit membantu pengelolaan anggaran rumah tangga Anda.

2. Buat anggaran kebutuhan anak sekolah

Setelah membuat daftar prioritas, Anda perlu juga membuat anggaran belanja kebutuhan sekolah anak. Anda dapat mengecek perkiraan harga barang-barang yang dibutuhkan di toko online. Buatlah anggaran dari kebutuhan yang prioritas.

Apabila sudah membuat anggaran, Anda dapat segera memisahkan uang untuk belanja kebutuhan anak sekolah. Sehingga, uangnya tidak tercampur untuk kebutuhan lain.

3. Cari diskon atau potongan harga

Biasanya toko-toko yang menjual kebutuhan anak sekolah akan memberikan promosi menjelang tahun ajaran baru. Biasanya toko akan memberikan diskon atau potongan harga untuk menarik pembeli. Nah, Anda bisa meluangkan waktu untuk mengejar diskon tersebut, demi memperoleh barang kebutuhan sekolah anak dengan harga yang lebih murah. 

Namun, Anda harus tetap berbelanja barang yang sesuai dengan daftar kebutuhan. Jangan tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan yang tidak sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.

4. Beli beberapa barang dalam jumlah yang besar

Dari barang-barang kebutuhan anak sekolah ada yang cepat habis dan sebaiknya memiliki stok. Contohnya seperti buku tulis, pensil, pena, dan alat tulis lainnya. Tips ini dapat menghemat keuangan Anda saat tahun ajaran baru.

Nah, untuk keperluan yang memang dapat cepat habis, akan lebih baik apabila Anda membeli dalam jumlah yang besar. Meskipun akan keluar uang yang lebih besar ketika membeli sekaligus, pada akhirnya Anda akan menghemat lebih banyak.

5. Beli kebutuhan sekolah dengan patungan

Tips hemat belanja alat-alat sekolah adalah membeli dengan patungan. Seperti biasa, peralatan sekolah yang dibeli dalam jumlah banyak atau sistem grosir biasanya akan dapat harga yang lebih murah.

Tidak ada salahnya Anda mengajak orangtua lainnya untuk bergabung membeli barang kebutuhan sekolah anak. Biasanya orang tua murid memiliki grup WA sendiri untuk dapat saling berkomunikasi.

Anda dapat memanfaatkannya untuk patungan belanja perlengkapan sekolah anak di tahun ajaran baru. Bisa juga patungan dengan keluarga yang juga mempunyai anak yang masih sekolah.