Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Kesalahan Orang Tua saat Anak Baru Masuk Sekolah

5 Kesalahan Orang Tua saat Anak Baru Masuk Sekolah
Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa 5 kesalahan orang tua saat anak baru masuk sekolah berikut ini bisa berdampak besar.

Momen hari pertama sekolah memang sangat menyenangkan bagi anak dan tentunya orangtua. Hanya saja kadang orangtua tidak terlalu menyadari kalau mereka membuat kesalahan ketika buah hati sekolah untuk kali pertama. Apa saja? Berikut ini adalah ulasan 5 kesalahan orangtua saat anak baru masuk sekolah yang wajib dipahami.

1. Jam Tidur Anak Tidak Diatur

Di hari pertama sekolah, orangtua harusnya mengatur jam tidur anak. Dampaknya sangat penting karena jika anak tidur terlalu malam, tentu dia akan bangun terlalu siang keesokan harinya. Bangun dalam kondisi mengantuk jelas akan merusak mood anak padahal ini adalah momen dirinya masuk sekolah untuk kali pertama. Bukan tak mungkin anak akan mudah rewel dan justru minta pulang lebih awal.

Lantaran termasuk dalam 5 kesalahan orangtua saat anak baru masuk sekolah, ada baiknya jika Anda mendisiplinkan jam tidur buah hati. Mereka yang sudah masuk bangku sekolah, tentu memiliki jam wajib tidur misalkan maksimal pukul 20.00 WIB, dan kemudian bangun pukul 05.30 WIB. Memang akan cukup sulit untuk menerapkan jadwal ini, tapi cobalah untuk membiasakannya secara rutin.

2. Tas Kebesaran dan Berat

Kesalahan orangtua saat anak baru masuk sekolah untuk kali pertama yang mungkin tidak disadari adalah memberikan tas terlalu besar. Apalagi jika buah hati baru masuk kelas 1 SD, orangtua mulai memberikan tas ransel dan memasukkan berbagai buku dan perlengkapan sekolah, dengan harapan anak merasa tanpa kekurangan di kelas.

Hal ini memang baik, tapi harus diingat bahwa jangan biarkan anak membawa tas terlalu berat hingga mencapai lebih dari 10-20% berat tubuhnya. Tas yang terlalu berat akan membuat anak merasa nyeri bahu, leher, lengan, punggung sehingga membuatnya tidak fokus sekolah sampai malas.

3. Terlalu Khawatir

Yang namanya momen sekolah pertama kali memang bikin orangtua cemas dan akhirnya khawatir. Hal ini wajar saat melihat buah hati harus beberapa jam belajar di sekolah untuk kali pertama. Namun sebagai orangtua, usahakan untuk tidak khawatir berlebihan yang justru malah membuat anak jadi manja dan penakut karena orangtua yang kelewat protektif.

Agar tumbuh kembang anak bisa berjalan maksimal, Anda harus membiarkan anak berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya. Lingkungan baru akan mengajarkan anak hidup lebih mandiri dan berkomunikasi. Cobalah memberi kepercayaan kepada buah hati dan guru di sekolah, sehingga Anda jadi lebih tenang di rumah.

4. Uang Saku Anak Terlalu Banyak

Urusan uang saku memang sering membuat orangtua galau. Ada yang bilang tak boleh terlalu banyak, tapi ada juga orangtua yang khawatir anak kekurangan makanan selama di sekolah. Jika begitu, apakah harus memberikan uang saku berlebih di hari pertama sekolah? Nope! Ini termasuk dalam 5 kesalahan orangtua saat anak baru masuk sekolah.

Uang saku yang berlebihan justru membuat anak terbiasa jajan sesuka hati sehingga bisa saja membeli makanan sembarangan dan tidak higienis. Alih-alih memberi banyak uang saku, cobalah mengajari buah hati dengan cara mengelola uang saku. Misalkan saja jika dia sehari diberi Rp10.000, ajarkan untuk menabung sebanyak Rp2.000-Rp3.000.

Bahkan jika perlu, Anda bisa membawakan bekal untuk buah hati dari rumah. Selain menghemat pengeluaran, bekal dari rumah sudah pasti lebih bersih dan sehat karena dibuat orangtuanya sendiri.

5. Perlengkapan Sekolah Anak Tanpa Nama

Mungkin terdengar sepele, tapi sebetulnya ini merupakan satu dari 5 kesalahan orangtua saat anak baru masuk sekolah. Di tahun ajaran dan jenjang pendidikan baru, seluruh peralatan sekolah anak jelas barang baru dan bukan tak mungkin bakal mirip dengan temannya. Anak-anak kerap kali keliru memasukkan barang di meja karena dianggap adalah miliknya, padahal milik temannya.

Supaya buah hati mudah membedakan perlengkapan sekolah miliknya, ada baiknya Anda memberikan label nama pada pensil, penghapus, penggaris hingga kotak alat-alat tulis buah hati. Dengan memberikan nama para perlengkapan sekolah, anak tentu tak akan terlibat dalam adu mulut ketika teman sebangku keliru mengambil barang miliknya.

Bagaimana? Cukup menarik bukan memahami 5 kesalahan orangtua saat anak baru masuk sekolah? Dengan begitu, Anda tidak akan merasakan kecemasan berlebih dan buah hati bisa menikmati momen pertamanya di sekolah secara menyenangkan.

Berlangganan via Email