Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menjadi Guru Inspiratif, Mendidik Siswa dengan Segala Sudut Pandang

Menjadi Guru Inspiratif, Mendidik Siswa dengan Segala Sudut Pandang

Menjadi guru inspiratif tentu merupakan sebuah nilai tambah tersendiri. Tanggung jawab ini seringkali dirasa sebagai pengabdian untuk mencetak generasi bangsa yang cerdas dan unggul. Sehingga tertanam bagi setiap guru bahwa tugas mereka bukan hanya mencerdaskan generasi saja. Akan tetapi, seorang guru juga harus bisa menjadi sumber inspiratif bagi gurunya.

Menjadi seorang guru yang inspiratif tentu tidak semudah yang Anda bayangkan. Mereka harus benar-benar memberikan dna menyampaikan pelajaran seinspiratif mungkin. Sehingga seorang guru harus bisa, seorang guru yang inspiratif harus bisa menguasai pelajaran dengan sebaik mungkin.

Menjadi Guru Inspiratif, Mendidik Siswa dengan Segala Sudut Pandang

Seorang guru yang inspiratif juga harus mampu mengajar muridnya dengan cara yang inspiratif, aktif, dan inovatif guna menginspirasi siswa dalam belajar. Namun tentunya menjadi guru yang inovatif ini juga bukan hal yang mudah untuk Anda lakukan. Untuk itu, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal agar bisa menjadi seorang guru yang inspiratif.

Lihat juga : Mengajar Tidak Sekedar Menanamkan Pengetahuan, Namun Memberikan Siswa Sebuah Inspirasi

Terlebih menjadi seorang guru tentunya memiliki banyak hal yang harus dilakukan selain mengajari murid. Seorang guru harus bisa mengontrol muridnya dan menyampaikan materi sebaik mungkin. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang guru yang inspiratif.

Memperhatikan minat Murid

Menjadi guru inspiratif ini bukan hanya memberikan ilmu kepada mereka namun juga memperhatikan hal-hal yang mereka minati. Dengan memperhatikan apa yang mereka minati murid jadi senang dalam belajar dan merasa diperhatikan oleh gurunya.

Mendengarkan Murid

Murid biasanya akan lebih mudah bosan ketika mendengarkan guru mengajar. Terlebih jika gaya belajarnya terlalu monoton. Nah, guru wajib untuk membuat suasana belajar jadi menyenangkan. Misalnya, seperti mengadakan games atau kelompok yang menyenangkan sehingga anak tidak akan mudah bosan ketika belajar.

Menghargai Usaha Murid

Biasanya murid akan merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas pada mata pelajaran tertentu. Nah, sebaiknya setiap usaha dan hasil yang diberikan murid seorang guru harus mengapresiasi. Dengan ini seorang murid akan merasa dihargai sehingga mereka akan terus berusaha menjadi semakin baik kedepannya.

Memiliki Perilaku yang Positif

Seorang guru yang inspiratif harus bisa berperilaku positif. Dengan ini saat kelas akan timbul suasana positif yang menyenangkan. Perilaku ini juga bisa menjadi contoh bagi siswanya. Sehingga murid pun juga lebih semangat dalam belajar karena menyerap energi positif yang ditebarkan oleh gurunya tersebut.

Memberikan Instruksi yang Jelas

Menjadi guru inspiratif ini berarti Anda juga harus memberikan instruksi yang jelas kepada muridnya baik soal tugas maupun metode pembelajaran hingga penyampaian materi pembelajaran. Dengan ini murid pasti akan lebih mudah memahami dan lebih mudah dalam mengerti apa yang disampaikan guru.