Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13 Kriteria Guru Inspiratif dan Profesional

13 Kriteria Guru Inspiratif dan Profesional

Kriteria guru inspiratif dan profesional tentunya bersifat subjektif untuk banyak orang. Setiap orang pasti memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan guru yang profesional.

Akan tetapi, National Board For Professional Teaching Standard sudah menetapkan beberapa kriteria guru yang inspiratif dan profesional versi mereka. Apa saja?

13 Kriteria Guru Inspiratif dan Profesional Menurut National Board For Professional Teaching Standard

Guru merupakan profesi yang sangat mulia dan berjasa untuk semua orang. Sebagai tenaga pengajar, guru mendapat julukan sebagai "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa". Hal itu karena memang jasa mereka yang besar terhadap mencerdaskan anak bangsa.

Akan tetapi, sebenarnya profesi guru ini sangat berat. Para guru harus melibatkan kemampuan intelektual, emosional, dan juga spiritual yang baik saat mengajar.

Guru tidak bisa mengandalkan satu kemampuan saja. Jika guru mengajar dengan hanya mengandalkan kemampuan intelektual, maka mereka hanya menjadi guru yang teoritis tanpa energi. Sedangkan jika mereka mengajar hanya dengan emosional, maka guru akan menjadi temperamental dan kasar.

Lihat juga : Memberi Hukuman Siswa Untuk Memecahkan Masalah, Efektifkah?

Hal itu akhirnya akan membuat guru menghukum murid dengan cara kekerasan demi dalil meningkatkan kedisiplinan. Untuk menghindari hal itu, tentu saja guru harus menguasai semua elemen pada saat mengajar.

National Board For Professional Teaching Standard memberikan kriteria standar untuk guru yang inspiratif dan profesional. Setidaknya terdapat 13 kriteria guru inspiratif dan profesional, yaitu:

  1. Menguasai semua materi pelajaran dengan baik.
  2. Guru mampu menggunakan kemampuan mengajar dan belajar dengan tepat.
  3. Mereka dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan instruksional saat pembelajaran.
  4. Mampu melakukan manajemen kelas dengan baik agar tetap kondusif.
  5. Guru dapat melakukan improvisasi dengan baik selama mengajar.
  6. Memiliki sensitivitas pada konteks.
  7. Guru memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pelajaran berlangsung.
  8. Dapat memonitor pembelajaran dengan baik.
  9. Selalu melakukan tindakan berdasarkan data yang ada.
  10. Menghormati atau respect terhadap orang lain.
  11. Memiliki jiwa mendidik yang tinggi.
  12. Mampu memfasilitasi murid agar dapat mencapai prestasi tertinggi.
  13. Dapat memfasilitasi murid agar dapat lebih memahami kompleksitas.

Tugas dan Peran Seorang Guru

Setelah mengetahui kriteria guru inspiratif dan profesional, dapat diketahui bahwa tugas guru sangat tidak mudah. Guru pada dasarnya lebih dari tenaga pengajar. Lantas apa saja tugas dan peran seorang guru?

Di dalam dunia pendidikan, guru memiliki beberapa tugas utama, yaitu sebagai sebagai berikut.

1. Fasilitator

Guru harus mampu memfasilitasi pembelajaran agar seluruh siswa dapat terlibat secara aktif dan mendapatkan pengalaman sesuai falsafah pendidikan di era 4.0 yang mengedepankan student centered.

2. Motivator

Tidak jarang juga siswa akan mengalami kesulitan atau kendala selama belajar. Dengan begitu, maka guru juga mengambil peran sebagai motivator. Mereka akan memberikan semangat kepada siswanya agar dapat lebih kuat menghadapi tantangan dan tidak mudah menyerah.

3. Inspirator

Guru sebenarnya tidak hanya menjadi panutan saja, melainkan juga inspirasi untuk para siswanya. Sehingga, para siswa selalu berkontribusi positif dalam masyarakat.

4. Mentor

Sebagai mentor, guru akan berperan sebagai rekan belajar untuk siswanya dan tidak menjadi otoriter.

5. Pemantik Imajinasi dan Kreativitas Siswa

Di era pendidikan 4.0 ini, pembelajaran sudah terpusat pada murid. Guru dituntut untuk mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif agar menjadikan siswa aktif.

6. Pengembang Nilai Karakter dan Kerja Tim

Di abad 21 ini siswa harus menguasai kemampuan kolaborasi. Untuk itu, guru perlu melatih para siswanya dan menanamkan nilai karakter positif di dalam diri mereka.

7. Empati Sosial

Sebagai entitas sosial, guru harus mampu menunjukkan rasa empati terhadap tiap siswanya. Empati guru sebagai bentuk penghargaan terhadap sisi kemanusiaan di setiap siswa.

Itulah kriteria guru inspiratif dan profesional menurut National Board For Professional Teaching Standard  dan tugas utama mereka di dalam pendidikan.