Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengajar Tidak Sekedar Menanamkan Pengetahuan, Namun Memberikan Siswa Sebuah Inspirasi

Mengajar Tidak Sekedar Menanamkan Pengetahuan, Namun Memberikan Siswa Sebuah Inspirasi

Memberikan siswa sebuah inspirasi sudah menjadi kewajiban bagi setiap guru. Tugas utama seorang guru nyatanya tidak hanya menanamkan ilmu pengetahuan saja. Akan tetapi juga memberikan inspirasi bagi para murid-muridnya. Jika dikatakan mudah, nyatanya tidak seperti yang dibayangkan ketika menjadi guru. Ia harus pandai menyesuaikan diri pada setiap tempat.

Lalu bagaimana dengan era digital seperti sekarang ini? Pada era digital yang seperti ini, siswa disajikan dengan beberapa sumber belajar yang sangat luas. Bahkan tanpa harus melalui jasa guru mereka sudah bisa mandiri dengan mengambil sumber tersebut dari internet dan media yang lainnya. Lantas apakah masih membutuhkan peranan guru? Pertanyaan tersebut nyatanya juga menjadi tantangan. Padahal peranan terpenting dalam dunia pendidikan adalah seorang guru.

Mengapa Perlu Memberikan Siswa Sebuah Inspirasi dalam Belajar?

Sebenarnya apa sih tujuannya mengapa seorang guru harus memberikan sebuah inspirasi kepada siswanya dalam belajar. Tidak lain juga tidak bukan pasti tujuannya adalah supaya mereka tetap semangat dalam belajar. Tahukah anda apa itu guru inspiratif itu? Dia adalah seseorang yang terbuka juga membuka wawasan untuk muridnya maupun diri sendiri. Apa maksudnya membuka wawasan untuk dirinya sendiri. Maknanya dia juga terbuka dengan berbagai pemikiran baru juga cara-cara yang baru demi suksesnya dalam mengajar.

Tetapi bukan itu saja yang penting, akan tetapi juga guru membuka wawasan baru bagi muridnya dengan cara memberikan fasilitas yang sungguh-sungguh untuk meraih sukses siswanya tersebut dalam belajar.

Hal yang Harus Dilakukan oleh Seorang Guru

Mengemban tugas paling mulia dan semua orang tidak bisa menjadi seorang guru. Nyatanya tidak semua orang bisa mempunyai ruh guru. Menjadi guru inspiratif sama halnya dengan selalu berani dalam mengajarkan materi edukasi tetapi ia juga tidak berhenti untuk belajar demi keberhasilannya dalam menyampaikan materi tersebut.

Beberapa hal yang harus dilakukan seorang guru supaya bisa memberikan siswa sebuah inspirasi adalah menunjukkan sebuah keterbukaan dalam planning belajar mengajar juga kegiatannya. Maksudnya adalah guru itu harus memiliki sifat maupun sikap yang terbuka terhadap muridnya. Khususnya untuk materi pembelajaran yang akan dipelajari besok.

Sebagai contohnya adalah, seorang guru bisa saja menyampaikan apa rencana untuk materi besuk kepada siswanya. Materi selanjutnya silahkan dibaca ketika dirumah dan besok ada game. Game tersebut tentunya juga memiliki tujuan yakni supaya materi tetap bisa masuk juga dicerna tetapi siswa tidak bosan dengan metode pengajarannya.

Selain itu guru inspiratif juga menjadikan materi pelajaran juga akan berguna bagi kehidupan nyata. Sebagai contohnya adalah ilmu Matematika. Meski banyak banyak yang membenci akan tetapi jika disadari ilmu inilah yang paling dekat dengan kehidupan manusia. bab menghitung, seorang guru juga bisa mencontohkan dengan menggunakan bahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari untuk siswanya. Bisa saja telur atau permen, bisa juga dengan kebutuhan simpel lainnya.

Dengan demikian, bukankah apa yang diajarkan guru itu berguna untuk kehidupan nyata?

Selalu Mempunyai Cara Terbaik dalam Menyampaikan Materi

Selalu mempunyai cara juga menjadi solusi terbaik supaya seorang guru bisa memberikan siswa sebuah inspirasi. Menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda tentunya seorang guru itu harus mempunyai beberapa cara supaya tetap bisa melakukannya, terutama perihal belajar. Selalu memiliki cara terbaik untuk memberikan dan menyampaikan pengajaran juga menjadi tugas terbaiknya.

Hendaknya juga jangan sampai ada rasa jengkel jika menghadapi siswa dengan memiliki kemampuan yang berbeda. Sudah seyogyanya sikap sabar itu selalu melekat kuat dalam dirinya.

Biasanya juga seorang guru yang bisa memberikan siswa sebuah inspirasi adalah dia yang memiliki perilaku demokratis dan tenggang rasa kepada muridnya. bagaimana maksudnya, seorang guru faktanya tidak harus melulu menjadi guru. Dia juga merupakan orang tua kedua. Bahkan bisa juga menjadi tempat curhat juga teman. Maka munculah sikap yang menjadikan guru itu favorit di hati para siswa.

Lihat juga : Tips Membangun Citra Positif Sebagai Seorang Pendidik

Adanya sikap saling peduli tersebut ternyata juga mampu menempati bagian hati tersendiri bagi seorang siswa. Sehingga timbullah rasa kasih sayang antara guru dan murid.

Oh iya yang nggak kalah pentingnya adalah, menyelipkan humor saat sedang KBM. Meskipun begitu harus dengan proporsional. Terkadang cara itu juga lebih memudahkan siswa dalam mencerna materi yang diajarkan. Dengan demikian pula guru tak perlu bersusah payah dalam menyiapkan alternatif lainnya. Memandang siswa sebagai partner dalam kegiatan belajar mengajar juga menjadi salah satu cara yang harus guru lakukan supaya bisa memberikan siswa sebuah inspirasi. Semoga bermanfaat.