Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 SD/MI

Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 SD/MI

Pemerintah ingin supaya bahasa daerah tetap lestari meskipun jaman sudah maju sangat pesat. Dalam Kurikulum, Bahasa Jawa masuk ke dalam mata pelajaran muatan lokal sekolah. Pemerintah daerah (Pemda) mengembangan kurikulum muatan lokal bahasa daerah. Pada Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur memasukkan Bahasa Jawa dalam kurikulum satuan pendidikan.

Lihat juga : Mengajar Menyenangkan atau Mendatangkan Frustasi Bagi Siswa

Dalam Kurikulum Merdeka atau kurikulum sebelumnya, sekolah bisa mengembangkan silabus Bahasa Jawa tersebut sesuai dengan kondisi sekolah. Silabus Bahasa Jawa kelas 3 SD/MI ini bisa menjadi pelengkap administrasi guru kelas dan membuat Program Tahunan (Prota), Program semester (Prosem) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP.

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 SD/MI

Guru kelas 3 wajib melengkapi administrasi kelas atau perangkat pembelajaran. Termasuk untuk mata pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa. Guru harus memiliki Silabus, Program Tahunan (Prota), Program semester (Prosem) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP Bahasa Jawa. Perangkat pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 3 SD/MI tersebut dapat didownload di tautan berikut ini:

PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 3

Pelajaran Bahasa Jawa yang diberikan di SD/MI diharapkan supaya anak dapat mengetahui dan mencintai budaya daerahnya sendiri. Dalam unggah-ungguh basa (bahasa) siswa dapat belajar budi pekerti bagaimana berbicara kepada yang lebih tua atau kepada yang lebih muda. Dengan pembelajaran yang menarik bisa memperkaya literasi Bahasa Jawa, sehingga bisa melestarikan Bahasa Jawa.