Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Menjelaskan Materi Pembelajaran yang Menarik Perhatian Siswa

Tips Menjelaskan Materi Pembelajaran yang Menarik Perhatian Siswa

Komponen penting yang dianggap mempengaruhi proses pembelajaran adalah figur seorang guru. Tips menjelaskan materi pembelajaran yang menarik perhatian siswa diharapkan dapat mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Mengembangkan potensi anak didik supaya menjadi insan yang beriman dan bertakwa. Berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, dan mandiri merupakan tujuan dari pendidikan nasional.

Dalam rangka mewujudkan kualitas anak didik seperti yang telah disebutkan, keberhasilan seorang guru menyampaikan materi pembelajaran adalah kunci sukses untuk mencapainya.

Peran Guru dan Tips Menjelaskan Materi Pembelajaran yang Menarik Perhatian Siswa

Dalam proses pembelajaran, figur seorang guru bukan hanya sebagai tenaga pengajar. Namun merupakan orang dengan kemampuan merancang program pembelajaran.

Guru juga harus memiliki kemampuan menyusun dan mengelola kelas sehingga peserta didik mendapatkan suasana belajar yang sesungguhnya. Dengan suasana belajar yang kondusif, pada akhirnya dapat mencapai poin pendewasaan sebenarnya sebagai akhir dari proses pendidikan.

Siswa merasa jenuh dan tidak fokus dalam belajar? Peran guru adalah berusaha mengembalikan lingkungan kondusif di kelas dan menciptakan proses pembelajaran menjadi lebih baik. Tips memberikan materi pembelajaran yang menarik untuk mengembalikan minat belajar anak didik adalah seperti berikut.

1. Menerapkan Pola Pembelajaran Belajar Sambil Bermain

Serius tapi santai. Kegiatan pembelajaran ini membuat siswa menikmati proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tidak ada siswa yang merasa tertekan. Menjadi metode pembelajaran yang memungkinkan siswa mudah menangkap materi yang disampaikan guru.

Tidak semua jenis games cocok digunakan dalam setiap pembelajaran yang akan disampaikan. Guru harus memiliki kemampuan menganalisa secara tepat dan menyinkronkannya dengan materi tertentu. Dengan begitu pembelajaran efektif dapat terwujud.

2. Menentukan Media Pembelajaran sebagai Tips Menjelaskan Materi Pembelajaran

Penyampaian materi pelajaran yang monoton juga akan membuat siswa mudah bosan saat belajar. Gunakan alat peraga sebagai media menyampaikan materi.

Usahakan memilih media pembelajaran yang unik. Bila perlu gunakan media yang digemari para siswa. Sehingga tanpa diminta, respon dan perhatian siswa meningkat lebih besar. Misal penggunaan aplikasi permainan berisi materi pelajaran yang diunduh di gadget siswa.

3. Variasi Model dan Metode Belajar

Stop mengajar dengan metode ceramah saja. Pembelajaran klasik ini juga bersifat monoton. Pembelajaran monoton seperti ini yang membuat siswa merasakan kejenuhan dalam belajar.

Untuk mengatasi hal itu, maka perlu adanya tips menjelaskan materi pembelajaran yang menarik perhatian siswa dengan variasi dan model pembelajaran yang baru. Guru hanya tinggal mencari referensi yang cocok diterapkan di kelas melalui jurnal-jurnal yang sudah ada.

Tidak perlu bingung mencari referensi pembelajarannya. Banyak model dan metode pembelajaran yang dikaji dan disusun terkait materi yang cocok dengan model dan metode tersebut.

4. Bernyanyi Bersama

Sebagian siswa suka dengan aktivitas menyanyi. Guru dapat menyisipkan nyanyian saat pembelajaran berlangsung. Ada banyak pilihan lagu-lagu anak yang pastinya dapat membuat siswa bersemangat dan antusias dalam belajar.

Selain bernyanyi bersama, guru juga dapat menggunakan alat musik yang relevan dengan topik pembelajaran kemudian meminta siswa memainkannya. Ini adalah tips menjelaskan materi pembelajaran yang menarik perhatian siswa sekaligus membangun bakatnya.

5. Sesekali Ajak Siswa Belajar di Lingkungan Alam Terbuka

Cara ini dinilai efektif untuk mengatasi kebosanan siswa dalam belajar. Ajak siswa mengamati lingkungan sekitar kemudian alihkan perhatian pada objek yang sesuai dengan materi pelajaran.

Bisa juga memindahkan fungsi kelas ke ruangan sekolah yang lain seperti perpustakaan saat pelajaran bahasa dan sastra, atau laboratorium saat pelajaran Sains.

Lihat juga : 7 Langkah Agar Proses Belajar Mengajar Menarik dan Berkualitas

Hal yang perlu diingat saat akan mengadopsi cara-cara di atas, adalah adanya kesesuaian dengan tema pembelajaran yang akan dilakukan. Sehingga siswa akan dapat menerima pembelajaran dengan baik.

Kesanggupan seorang guru adalah mampu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Pembelajaran  dengan efektif dan efisien. Semoga tips menjelaskan materi pembelajaran yang menarik perhatian siswa di atas dapat membantu guru untuk mencapai tujuan pendidikan yang sebenarnya.