Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru yang Mendidik dengan Semangat, Ikhlas dan Sabar

Guru yang Mendidik dengan Semangat, Ikhlas dan Sabar

Tak bisa dipungkiri menjadi guru adalah profesi yang tidak mudah. Guru harus menghadapi siswa yang mempunyai karakter, cara belajar, potensi, kemampuan, dan latar belakang yang berbeda-beda. Keberagaman tersebut menantang seorang guru untuk memberikan pengajaran yang menyenangkan sehingga siswa mudah menerima pembelajaran. Sosok guru yang menyenangkan akan selalu dikenang oleh murid-muridnya.

Mendidik dengan Semangat, Ikhlas dan Sabar

Bukan hanya mahir dalam menyampaikan materi pelajaran, guru juga diharapkan dapat menyalurkan semangat belajar. Dengan begitu, murid tidak mudah menyerah atau tidak bersungguh-sungguh dalam belajar. Guru bisa memberikan motivasi dan inspirasi pada anak supaya tetap bersemangat dalam belajar dan berkreasi.

Guru inspiratif yaitu guru yang bisa memberikan pelajaran secara kreatif, inovatif dan menyenangkan, sehingga dapat membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. Harapannya, siswa mampu mengoptimalkan setiap potensi yang dimiliki sehingga bisa berguna untuk masa depan. Guru seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh murid, karena kedatangannya bisa membawa kegembiraan serta motivasi.

Lihat juga : 7 Kunci Menjadi Guru Inspiratif Selama Proses Kegiatan Pembelajaran

Guru diharapkan mengajar dengan hati yang ikhlas dan sabar. Mungkin ada berbagai tantangan yang pasti akan dihadapi guru. Baik dari faktor eksternal maupun dari siswa sendiri. Mulai dari perbedaan kemampuan siswa dalam menyerap ilmu yang disampaikan sampai karakter murid yang beragam. Saat seperti itu, guru harus berusaha tetap tenang dan menjaga hatinya supaya sabar dan ikhlas.

Idealnya seorang guru dalam melaksanakan tugasnya didasari dengan rasa ikhlas, tanggung jawab dan tulus demi keberhasilan dalam mendidik. Mengajar dengan ikhlas adalah mengajar dengan penuh dedikasi dan keprofesionalitasannya. Seorang guru harus bangga menjadi guru yang mendidik anak-anak.