Alasan Kenapa Menjadi Guru SD Itu Menyenangkan
Cari Berita

Atas


Alasan Kenapa Menjadi Guru SD Itu Menyenangkan

Sabtu, 02 November 2019

Alasan Kenapa Menjadi Guru SD Itu Menyenangkan
Banyak alasan kenapa menjadi guru SD itu menyenangkan, Anda bisa bertemu langsung dengan anak-anak juga bisa mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Menjadi guru SD mungkin bagi sebagian orang sangat menantang dan rumit. Namun kalau Anda ikhlas menjalaninya dan tahu metode mengajarnya justru sangat menyenangkan. Banyak alasan kenapa menjadi guru SD itu menyenangkan diantaranya bisa turut mendidik anak menjadi pribadi yang mulia.

Seorang anak SD merupakan pondasi pertama dalam dunia pendidikan. Dengan Anda menjadi guru SD maka Anda ikut andil dalam mencetak generasi unggul anak Indonesia. Bukan hanya soal tingkat kecerdasannya saja namun lebih keperilaku yang dimiliki anak SD. Ada alasan lain kenapa menjadi guru SD itu menyenangkan, berikut diantaranya:

1. Ikut Berperan Menuntun Masa Depan Anak yang Cemerlang

Anak SD tidak hanya mendapatkan pengajaran formal saja, namun lebih membentuk keperibadian yang berbudi dan berakhlak mulia. Dari sini guru SD harus mampu menanamkan nilai-nilai luhur, sikap disiplin dan prinsip-prinsip kehidupan yang mulia. Anak SD ibarat sebuah pondasi, jika pondasinya sudah kuat maka kedepannya akan sukses.

Jika anak didik Anda bisa sukses bahkan lebih sukses dari Anda maka menjadi suatu hal yang menyenangkan. Itu artinya Anda juga berhasil mendidik mereka menjadi orang yang bermasa depan cerah. Selain Anda merasa senang juga ada kebanggaan tersendiri yang bisa Anda rasakan.

2. Waktu Luang Lebih Banyak

Berprofesi menjadi guru SD berbeda dengan profesi lainnya. Terutama untuk guru SD yang biasanya cukup membutuhkan waktu 6-7 jam sehari untuk mengajar. Biasanya seorang guru SD berangkat pukul 6.30 WIB sampai 13.00 WIB. Jadi ada waktu setengah hari untuk melakukan aktivitas lain termasuk hobi anda.

Namun waktu luang lebih baik digunakan untuk suatu hal yang produktif. Anda bisa dengan membuka usaha atau bisa dengan membuka les private di rumah. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Menjadi Panutan dan Teladan Semua Orang

Seorang yang berprofesi menjadi guru SD mendapatkan pandangan yang berbeda di masyarakat. Guru SD dipandang sebagai seorang yang berilmu pengetahuan sehingga bisa menjadi acuan tempat bertanya.

Maka ini menjadi alasan banyak orang kenapa menjadi guru SD itu menyenangkan. Selain bisa bermanfaat untuk turut mencerdaskan anak-anak bangsa juga bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

4. Dapat Berhadapan Langsung dengan Anak-Anak

Anak-anak memiliki sifat, sikap dan karakter yang berbeda-beda. Anak-anak itu sangat lucu dengan tingkah laku dan kekonyolannya. Jika Anda menyukai dunia anak-anak maka profesi guru SD sangat tepat. Menjadi guru SD bisa dibilang bisa lebih awet muda. Kenapa? Alasannya karena selalu bahagia dengan berinteraksi dan bercanda dengan anak-anak.

Berinteraksi dan bercanda dengan mereka dapat sedikit melupakan masalah hidup yang dihadapinya. Apalagi bagi wanita yang memiliki sifat keibuan. Sudah pasti menjadi guru SD bukan lagi dianggap sebagai profesi tapi bagaikan ibu yang sedang mendidik anaknya.

5. Guru SD Akan Selalu Diingat dan Dikenang

Sewaktu dalam proses belajar pasti akan tercipta momen yang tidak pernah bisa dilupakan. Momen ini yang akan selalu diingat dan dikenang kebersamaan Anda dengan anak didik anda. Kejadian ini yang selalu abadi bahkan ketika sudah besar dan berkeluarga. Saat-saat indah sewaktu di sekolah akan selalu diingat dan dikenang.

6. Tidak Terlalu Capek dan Letih

Pada dasarnya tidak ada pekerjaan yang bisa dijalankan dengan mudah. Namun berprofesi menjadi guru SD tentu berbeda dengan bekerja di suatu perusahaan. Menjadi guru tidak selalu dikejar deadline berat setiap waktu dan bulan. Hanya pada waktu-waktu khusus saja profesi guru direpotkan dengan pekerjaannya. Misalnya saat ada ujian, tes semester, masuk tahun ajaran baru dan penerimaan raport.

Lihat juga: Tantangan Bagi Guru SD dan Cara Menghadapinya

Itulah alasan kenapa menjadi guru SD itu menyenangkan. Seorang yang berprofesi sebagai guru SD akan awet muda karena selalu berinteraksi dan bercanda dengan anak-anak. Jadi dapat keuntungan lebih dengan menjadi guru SD ini. Anda ikut andil mencerdaskan anak-anak bangsa dan bisa melupakan masalah hidup dengan candaan anak-anak SD.