Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisi-kisi Soal Pretest Seleksi Akademik PPG Daljab Guru Kelas SD

Kisi-kisi Soal Pretest Seleksi Akademik PPG Daljab Guru Kelas SD

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi(Kemendikbudristel) kembali membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru honorer yang terdata di Dapodik. Model sertifikasi guru ini dikenal juga dengan PPG dalam jabatan (daljab). Program ini gratis bagi yang ingin menjadi guru profesional.

Sebagai tahapan awal dalam rangkaian program PPG daljab guru kelas SD, para peserta harus melewati proses pretest terlebih dulu. Tujuannya untuk mengukur kemampuan awal setiap calon peserta sebelum mengikuti program lengkap PPG. Pretest PPG merupakan proses seleksi persyaratan akademik program PPG dalam jabatan. 

Persyaratan akademik pretest PPG ini yang akan menentukan guru honorer dengan jabatan guru kelas SD diterima di program PPG daljab. Nantinya Pretest akan dilakukan setelah para calon peserta lolos seleksi administrasi PPG dalam jabatan. Setelah dinyatakan lulus dalam program PPG, guru akan memperoleh sertifikat pendidik.

Download Kisi-kisi Soal Pretest Seleksi Akademik PPG Daljab Guru Kelas SD

Inilah kisi-kisi soal pretest PPG guru kelas SD, yang akan mempermudah dalam mengerjakan soal tersebut nantinya. Materi yang akan diujikan di Pretest PPG daljab bagi guru kelas SD adalah tes pedagogik, materi esensial profesional dan tes pengetahuan umum. Direktorat PPG, Ditjen GTK telah merilis kisi-kisi seleksi akademik PPG guru kelas SD yang dapat diunduh melalui tautan berikut ini: 

Kisi-Kisi PPG Guru Kelas SD .Pdf

Calon peserta program PPG dalam Jabatan dilakukan melalui beberapa tahapan seleksi. Pertama, seleksi administrasi tahap I, kemudian seleksi kemampuan akademik, dan seleksi administrasi tahap II. Merujuk passing grade pretest PPG sebelumnya, passing grade-nya yaitu 55. Total soal pretest PPG dalam jabatan berjumlah 100-120 soal.