Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Jalur Pendaftaran Seleksi PPPK Guru 2023

3 Jalur Pendaftaran Seleksi PPPK Guru 2023

Secara resmi Badan Kepegawaian Nasional atau BKN sudah mengumumkan jadwal seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru 2023. Pendaftaran seleksi CASN yang termasuk PPPK guru 2023 bakal dibuka pada tanggal 17 September sampai 6 Oktober 2023 mendatang.

Ini menjadi kabar gembira yang ditunggu-tunggu bagi guru honorer di tanah air. Angin segar ini, rupanya juga sangat dinanti bagi lulusan LPTK yang akan mengikuti seleksi PPPK guru pertama kalinya.

Pada pelaksanaan seleksi PPPK guru 2023, para pendaftar bisa menempuh tiga jalur pendaftaran. Ada salah satu jalur bisa untuk guru honorer langsung penempatan dan langsung diangkat ASN.

Dengan mengetahui jalur pendaftaran PPPK guru 2023 ini, guru honorer bisa memahami mekanisme seleksi dan juga penempatan sebagaimana formasi yang disediakan oleh pemerintah. Berikut tiga jalur pendaftaran seleksi ASN PPPK guru 2023 yang bisa ditempuh:

1. Jalur Honorer
 
Bagi guru honorer bisa daftar seleksi PPPK guru 2023 melalui jalur pertama, yakni jalur honorer. Melalui jalur honorer ini, guru harus memenuhi persyaratan, yakni harus terdata pada Dapodik, baik Dapodik pada sekolah negeri maupun sekolah swasta.

2. Jalur Umum
 
Jalur kedua pendaftaran seleksi PPPK guru 2023 bisa melalui jalur umum. Calon guru lulusan PPG atau guru honorer yang tidak terdaftar pada Dapodik namun memiliki sertifikat pendidik bisa ikut mendaftar.

Melalui jalur umum ini pula, para guru honorer yang terdaftar pada Dapodik yang TMT nya kurang dari iga tahun bisa ikut mendaftar seleksi PPPK guru lewat jalur umum ini. Jalur ini juga berlaku bagi guru honorer swasta yang terdata pada Dapodik.

3. Jalur THK 2

Guru honorer dapat mendaftar seleksi PPPK guru 2023 melalui jalur THK 2. Jalur ini diperuntukkan bagi guru-guru honorer yang termasuk pada guru kategori THK 2.

Dalam mekanisme penempatannya, guru THK 2 nantinya akan dapat langsung penempatan dan mengisi formasi yang tersedia bila mana masih terdapat sisa formasi yang telah diisi oleh pelamar P1.

Bagi guru yang mendaftar seleksi PPPK guru 2023 melalui jalur ini, syaratnya yakni guru harus masih terdaftar pada Database BKN sebagai THK 2.

Penting juga untuk diketahui oleh para guru honorer untuk bisa mendaftar seleksi PPPK guru. Selain persyaratan yang disebutkan diatas, yakni persyaratan umum untuk bisa mendaftar PPPK guru 2023. Dimana salah satunya adalah guru harus mempunyai ijazah atau lulusan minimal S1 atau D4.