Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Deskripsi Diri Seleksi PPPK Guru SD


Contoh deskripsi diri untuk melengkapi pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru kelas SD dapat menjadi referensi saat akan membuatnya. Deskripsi diri guru sebagai guru SD adalah salah satu syarat yang harus diisi oleh pelamar saat melakukan pendaftaran seleksi PPPK guru SD.

Pendaftaran PPPK sudah resmi dibuka sejak 31 Oktober 2022 lalu dan berakhir pada 13 November 2022 mendatang. Pendaftaran PPPK tahun 2022 ini berdasarkan Surat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN Nomor: 35846/B-KS.04.01/SD/K/2022.

Tips Membuat Deskripsi Diri Pendaftaran PPPK Guru SD

Deskripsi diri menjadi salah satu bagian yang wajib diisi guru honorer SD dalam tahap pendaftaran PPPK 2022. Ada banyak contoh deskripsi diri yang bisa dijadikan referensi. Guru SD menuliskan deskripsi diri maksimal 3.000 karakter. Informasi deskripsi diri PPPK Guru SD harus padat dan jelas tetapi dapat menggambarkan potensi diri supaya menjadi pertimbangan oleh panitia seleksi.


Saat membuat deskripsi diri PPPK guru SD harus memberikan informasi tentang informasi dasar, pengalaman, kelebihan diri, prestasi yang pernah diraih, serta motivasi diri. Sebaiknya dalam membuat deskripsi diri informasi tersebut ditulis lengkap, tetapi pelamar juga dapat menitikberatkan pada salah satu informasi. Misalnya, prestasi atau kelebihan diri.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD 1


Bagian Informasi Dasar

Nama saya Prajuda Asmara, seorang pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar Maju Bangsa.

Bagian Pengalaman

Saya lahir di Makassar 11 Maret 1989 dan telah mengajar di SD tersebut selama sepuluh tahun. Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semangat tinggi dalam mengajar.

Kelebihan dan Prestasi

Hal itu dibuktikan dengan kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik. Dalam mengajar saya berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Motivasi

Hal ini saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama di sekolah, saya juga terus menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bersama.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD 2

Bagian Informasi Dasar

Nama saya Listyo Sigit, lahir di Blora pada 13 September 1994. Saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Blora, tepatnya di SDN 1 Blora.

Bagian Pengalaman

Berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SD tersebut.

Selama bertugas di sana, saya pernah menjadi wali kelas selama 3 tahun untuk kelas 3 dan 4 tahun untuk kelas 5. Sisanya yakni sebagai guru biasa, yakni saat awal-awal mengajar di sana, pada 2016 silam.

Kelebihan dan Prestasi

Selama mengajar di sana, saya banyak berkolaborasi dengan para guru lain untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Salah satu program yang yang kami terapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran di alam dengan mengaktifkan media pembelajaran lingkungan sekitar. Tujuannya yakni agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja.

Program ini membuahkan hasil, ditunjukkan dengan penilaian formatif dan sumatif, nilai siswa tersebut menjadi lebih baik. Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, yang diikuti oleh anak-anak usia pra sekolah dasar.

Di sana, mereka bisa bermain sambil belajar dengan cara membaca dan mewarnai hewan kesukaannya. Lingkungan sekitar mengapresiasi kegiatan ini, mereka juga banyak menyumbang buku bacaan dan buku gambar untuk diwarnai anak-anak.

Aktivitas tersebut dapat membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru. Sehingga menjadi lebih terasah dan banyak menemukan ide yang bisa digunakan untuk pembelajaran untuk siswa.

Motivasi

Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD 3

Bagian Informasi Dasar

Saya Umar Bakri S.Pd, seorang guru yang mengajar di SDN Bandung 1 dan sudah mengabdi selama lima tahun.

Saya lahir di Bandung 2 Oktober 1994 dan menempuh perkuliahan di Universitas Pendidikan Indonesia program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Bagian Pengalaman

Menjadi seorang guru sudah menjadi cita-cita sejak kecil dan kini saya berhasil mewujudkannya sehingga selalu bersemangat dalam menjalani tugas.

Setelah satu tahun mengajar, saya mendapatkan kepercayaan menjadi wali kelas selama dua tahun untuk kelas 5.

Berbagai karakteristik dan potensi dari setiap siswa, saya terus melakukan evaluasi dan perkembangan dalam setiap proses belajar mengajar.

Kelebihan dan Prestasi

Beberapa eksperimen dalam proses mengajar telah saya lakukan demi mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Tak hanya itu, penggunaan media yang tepat dan pengenalan teknologi untuk siswa juga saya terapkan untuk menciptakan siswa yang unggul dan berpengetahuan luas.

Beberapa pembelajaran tambahan saya berikan kepada siswa seperti pembelajaran robotik dan coding sederhana untuk siswa sekolah dasar. Bukan hanya melakukan peningkatan pembelajaran di kelas, namun aktivitas siswa di luar kelas juga harus di berdayakan.

Salah satu program yang saya cetus adalah "Jumat Penghijauan" dimana mengajak para siswa dan siswi dari kelas 1-6 untuk melakukan bersih-bersih dan penghijauan di area sekolah. Atas program ini, SDN 1 Bandung berhasil mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata pada tahun 2020.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD 4

Bagian Informasi Dasar

Nama saya Bintang Ramadan. Saya adalah seorang pendidik di sebuah SD. Saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dann semangatdalam menjalankan tugas.

Bagian Pengalaman

Sebagi seorang guru saya berpegang teguh pada nilai-nilai luhur dan pedoman mengajar. Saya merawat kedekatan antar guru, peserta didik, dan wali murid.

Dalam mengajar saya berupaya menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik, serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Saya menerapkan pendekatan, metode, media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan kemampuan peserta didik.

Motivasi

Mengajar adalah kecintaan saya, maka saya selalu mengerjakannya dengan senang hati sehingga tidak merasa terbebani.

Selama bekerja saya selalu memilah kepentingan pribadi dan kepentingan bersama. Ada dua bagian yang harus digarisbawahi, dalam bidang pekerjaan dan bermasyarakat.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD 5

Bagian Informasi Dasar

Saya Iwan Susanto, seorang guru tenaga didik di SDN 5 Daengkolot

Bagian Pengalaman

Dalam proses mengajar, saya mampu bersosialisasi dann semangat dalam menjalankan tugas, dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur dan pedoman saat mengajar.

Kelebihan dan Prestasi

Saya juga menjalin kerjasama dan kedekatan emosional antar guru, peserta didik, dan wali murid. Selain itu, dalam proses mengajar saya berupaya menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik, serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Dengan menerapkan dan memelihara pendekatan, metode, media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan kemampuan peserta didik. Hal ini karena menjadi tenaga didik adalah impian saya sejak dulu, maka saya selalu mengerjakannya dengan senang hati sehingga tidak merasa terbebani.

Motivasi

Selama bekerja saya selalu memilah kepentingan pribadi dan kepentingan bersama.

Iwan Susanto

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD 6

Bagian Informasi Dasar

Nama saya Dina Falahul, lahir di Kota Bengkulu pada 3 Oktober 1990. Saat ini saya berpartisipasi sebagai tenaga honorer di SD Negeri 2 Bengkulu.

Bagian Pengalaman

Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 3 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Matematik dan Bahasa Inggris untuk kelas IV dan V.

Kelebihan dan Prestasi

Ketika melaksanakan tugas sebagai guru honorer, saya selalu berusaha untuk menyampaikan materi dengan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Ketika siswa yang saya didik merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, maka saya menggunakan metode belajar dengan bernyanyi.

Agar bisa melihat bagaimana perkembangan siswa, maka saya selalu berupaya mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan para siswa dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Tak hanya sekedar materi pembelajaran, saya bisa memahami karakteristik serta emosial siswa.

Sehingga nantinya saya mampu memberikan cara mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh. Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah seperti olimpiade atau berpidato, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya. (Bisa menambahkan juara yang pernah diraih)

Selain tenaga didik, saya juga menjalin kedekatan terhadap sesama tenaga pendidik, bahkan dalam bermasyarakat saya juga memberikan kontribusi saya untuk daerah setempat.

Dina Falahul

Selain riwayat pelamar yang memuat deskripsi diri, guru SD dalam proses pendaftaran PPPK juga harus melengkapi data dan berkas. Contoh deskripsi diri bagi pelamar PPPK formasi guru SD di atas bisa menjadi referensi bagi pelamar PPPK tahun 2022.