Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Setengah Juta Lebih Guru Honorer Sudah Jadi ASN PPPK

Setengah Juta Lebih Guru Honorer Sudah Jadi ASN PPPK

Sejumlah capaian telah dilakukan Kemendikbudristek terkait pembinaan guru dari beragam aspek. Salah satunya dari aspek status kepegawaian. Saat ini sudah lebih dari setengah juta guru honorer diangkat menjadi ASN PPPK.

"Kami ingin profesi guru menjadi lebih bermartabat, terhormat, dan membanggakan," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (22/11/23).

Dia mengatakan, ada beberapa pendekatan untuk mewujudkan guru sebagai profesi yang bermartabat, terhormat, dan membanggakan. Antara lain, terkait dengan status kepegawaiannya. 

Menurutnya, saat ini berdasarkan data lebih dari 500 ribu guru honorer sudah diangkat menjadi ASN PPPK. Pengangkatan itu akan terus berlanjut sesuai dengan dibukanya formasi rekrutmen ASN oleh Kementerian PAN-RB.

Dia menjelaskan Ini sebagai kado momen menyambut Hari Guru yang diperingati setiap 25 November. Upaya lain yang pihaknya lakukan untuk meningkatkan kualitas guru dalam ekosistem Merdeka Belajar adalah melalui pendidikan profesi guru (PPG) prajabatan. 

PPG atau program sertifikasi guru tidak hanya diperuntukkan guru yang sudah mengajar atau disebut PPG dalam jabatan. Namun, kesempatan ini juga untuk mahasiswa atau calon guru. Mereka akan dididik selama setahun atau dua semester.

BERIKUT DATA CAPAIAN PEMBINAAN GURU

  • 500 ribu lebih guru honorer sudah menjadi ASN PPPK.
  • 210 ribu lebih guru mendapatkan sertifikat PPG dalam jabatan.
  • 15 ribu lebih calon guru mendapatkan sertifikat PPG prajabatan.
  • 50 ribuan guru penggerak angkatan I–VII.
  • 43 ribuan calon guru penggerak (masih proses pendidikan) angkatan VIII–IX.
  • 2 juta guru mengunduh dan login pada platform Merdeka Mengajar.
  • 1,4 juta guru mengikuti pelatihan mandiri.