Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ada yang Lebih Penting Setelah Target 1 Juta Guru PPPK Hampir Tercapai

Ada yang Lebih Penting Setelah Target 1 Juta Guru PPPK Hampir Tercapai

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim telah mengumumkan jumlah formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 sebanyak 419.146. Jumlah formasi ini akan menyelesaikan target 1 juta guru PPPK yang sudah dicanangkan sejak 2020.

Namun, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pemenuhan jumlah target guru harus dipastikan dapat memenuhi sebaran guru sesuai kebutuhan sejumlah daerah di Indonesia. Ia menilai bahwa kecukupan pemenuhan guru secara jumlah saja belum tentu mampu memecahkan masalah pendidikan yang saat ini dihadapi.

"Setelah jumlahnya cukup, lebih penting dari itu yang harus dipastikan adalah sebaran guru yang diangkat itu dipastikan sesuai dengan kebutuhan di setiap daerah," kata Lestari yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (27/03/2024).

Selain ketepatan dalam memenuhi kekurangan jumlah guru di daerah-daerah, kualitas guru yang diangkat tersebut juga harus sesuai dengan kebutuhan di daerah tersebut. Ia berharap semua pemangku kepentingan berkolaborasi kuat dalam proses penempatan para tenaga pengajar itu guna tepat sasaran.

Dengan terpenuhinya kebutuhan guru di sejumlah daerah, menurutnya pembangunan sumber daya manusia nasional akan semakin baik. Sehingga akhirnya dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan berdaya saing.