» » Download Kisi-kisi Ujian Tulis PLPG

Download Kisi-kisi Ujian Tulis PLPG

SekolahDasar.Net masih membicarakan PLPG, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Kali ini yang akan dibagikan adalah kisi-kisi untuk ujian tulis ketika PLPG. Seperti yang ditulis sebelumnya, penyelenggaraan PLPG diakhiri dengan ujian yang mencakup ujian tulis dan ujian kinerja.

Ujian tulis di akhir PLPG bertujuan untuk mengungkap kompetensi profesional dan pedagogik, sedangkan ujian kinerja untuk mengungkap kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Keempat kompetensi ini juga bisa dinilai selama proses pelatihan berlangsung.

Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial juga dinilai melalui penilaian teman sejawat. Ujian kinerja dalam PLPG dilakukan dalam bentuk praktik pembelajaran bagi guru atau praktik bimbingan dan konseling bagi guru BK, atau mengajar & praktik supervisi bagi guru yang diangkat dalam jabatan pengawas. Ujian kinerja dalam PLPG untuk setiap peserta minimal dilaksanakan selama 1 JP.

Kisi-kisi ujian tulis PLPG disusun oleh tim yang terdiri dari para dosen yang mewakili seluruh rayon LPTK. Kisi-kisi ujian tulis PLPG merupakan acuan bagi rayon LPTK dalam menyusun bahan ajar (materi) dan pembuatan soal ujian tulis PLPG. Dengan kisi-kisi, diharapkan dapat mendorong pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip student center dengan menggunakan multi media dan multi metode yang berbasis pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).

Materi ujian tulis terdiri dari tiga (3) komponen, yaitu:
(1) Pengembangan profesionalisme guru, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Karya Tulis Ilmiah (KTI),
(2) Pedagogik yang terkait dengan mata pelajaran, dan
(3) Kompetensi profesional atau penguasaan mata pelajaran atau bidang keahlian.
Secara berturut-turut, proporsi dari ketiga komponen di atas adalah 30% (60 menit), 20% (40 menit), dan 50% (100 menit).

Berikut Kisi-kisi Ujian Tulis PLPG yang bisa didownload:
01. Kisi2 PLPG Profesional-Guru-PTK-KTI
02. Kisi2-PLPG-TK
03. Kisi2-PLPG-SD
04. Kisi2-PLPG-PLb
5a. Pengantar-Kisi2-PLPG-BK
5b. Kisi2-PLPG-Bk
6a. Kisi2-PLPG-Penjas-Profesional
6b. Kisi2-PLPG-Penjas-Pedagogik
07. Kisi2-PLPG-Bhs-Inggris
08. Kisi2-PLPG-Bhs-Indonesia
9a. Kisi2-PLPG-MM-Profesional
9b. Kisi2-PLPG-MM-Pedagogik
10. Kisi2-PLPG-Biologi
11. Kisi2-PLPG-Fisika
12. Kisi2-PLPG-Kimia
13. Kisi2-PLPG-IPA
14. Kisi2-PLPG-Geografi
15. Kisi2-PLPG-PKN
16. Kisi2-PLPG-Sejarah
17. Kisi2-PLPG-Sosiologi
18. Kisi2-PLPG-Ekonomi
19.Kisi2-PLPG-IPS
20.Kisi2-PLPG-Akuntansi
21.Kisi2-PLPG-Adm-Perkantoran
23.Kisi2-PLPG-TIK
22.Kisi2-PLPG-Kewirausahaan
24.Kisi2-PLPG-Teknik-Kendaraan-Ringan


Tips Lulus PLPG

Persiapkan mental dan fisik Anda. Ikuti semua kegiatan sesuai jadwal PLPG dengan baik. Kerjakan setiap tugas sesuai kemampuan. Ketika praktik laksanakan dengan maksimal. Usahakan untuk aktif dalam partisipasi selama pelatihan (bertanya/menjawab). Akrab dan sopan dengan sesama peserta (ada penilian dari sesama peserta). Inilah yang terpenting yaitu tidak perlu minder, yakinlah bahwa peserta yang lain “mayoritas” berkemampuan setara dengan Anda. Bersikaplah optimis dan gembira sehingga PLPG bukan sebagai beban berat melainkan merupakan kegiatan semacam “penataran” yang intinya belajar untuk menambah pengetahuan. Berpikirlah bahwa instruktur PLPG adalah manusia biasa yang juga punya nurani dan “tahu diri” bahwa tugas utamanya adalah “membimbing” bukan “menilai”. Semoga Sukses!



SekolahDasar.Net | 6 Juni 2012
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA