» » Cara Mengerjakan Ujian di Software UKG Online

Cara Mengerjakan Ujian di Software UKG Online

Uji kompetensi guru (UKG) menggunakan sistem baru, yaitu mengerjakan soal secara online. Bagi kebanyakan guru hal ini adalah hal yang baru, mungkin belum pernah melakukan ujian dengan sistem serupa. Apalagi bagi guru sekolah dasar (SD) yang masih banyak ada di daerah yang jauh dari pusat kota, tidak terbiasa dengan multimedia (komputer). Ditambahkan lagi akses internet yang belum merata. Apapun itu alasannya, kebijakan UKG sudah terlanjur dibuat dan harus dijalani. Sehingga untuk mau tidak mau guru harus segara melangkah untuk lebih baik lagi.

Soal UKG berbentuk digital dan telah melalui proses enkripsi dan hanya dapat dibuka dan diakses oleh software sistem ujian online yang dikembangkan BPSDMPK-PMP. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban.Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.

Untuk mengetahui cara mengerjakan soal ujian di software UKG online, simak Video Tutorial UKG berikut:


Anda dapat mendownload video cara mengerjakan soal ujian UKG online dengan mengklik tautan di atas. Selain itu, Anda juga bisa mendapat e-book Panduan Cara Mengerjakan Soal Ujian di Software UKG, di sini. Dalam buku panduan yang di susun oleh Tim Pengembangan Sistem UKG Online itu disertai langkah-langkah, mulai dari cara Login, mengerjakan sampai melihat hasil ujian.



SekolahDasar.Net | 24 Juli 2012
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA