• Beginilah Cara Instal Aplikasi Dapodik Baru 2013

    Setelah Aplikasi Dapodik 2013 terinstal harus registrasi terlebih dahulu.
    Aplikasi pendataan data pokok pendidikan atau lebih dikenal dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru telah dirilis. Semua operator atau admin sekolah diminta untuk mendownload aplikasi yang mengalami penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya tersebut. Setelah didownload, Aplikasi Dapodik dengan Installer Dapodikdas v 2.0 (build 0210130120) dapat diinstal di komputer/laptop.

    Untuk menginstal Aplikasi Dapodik 2013, dibutuhkan perangkat keras (komputer/laptop) dengan spesifikasi minimum: processor minimal Pentium IV, memory minimal 512 MegaByte, storage tersisa minimal 100 MegaByte. Sedangkan perangkat lunak (software) yang diperlukan adalah Microsoft Windows Operating System. Aplikasi Dapodik terbaru ini juga membutuhkan Browser Internet Modern (Firefox atau Chrome).

    Jika di komputer/laptop yang akan dinstal dengan Aplikasi Dapodik 2013 masih ada Aplikasi Dapodik 2012, remove atau uninstal terlebih dulu aplikasi dapodik lama. Jangan lupa untuk melakukan backup data yang pada aplikasi lama. Saat instal Aplikasi Dapodik 2013 disarankan untuk menutup semua program atau aplikasi yang sedang berjalan sebelum melakukan proses instal Aplikasi Dapodik 2013.

    Langkah-langkah Instal Aplikasi Dapodik 2013
    1. Pastikan Anda telah memiliki file Aplikasi Dapodik 2013, jika belum Aplikasi Dapodik Terbaru 2013 dapat didownload di sini.

    2. Jalankan program instalasi dari hasil download Aplikasi Dapodik 2013 dengan klik file Setup.exe. Setelah itu muncul seperti gambar berikut.


    3. Tekan tombol Lanjut untuk masuk ke langkah selanjutnya.

    4. Selanjutnya adalah tahap pemilihan port, pada tahap ini port yang tersedia telah terisi secara otomatis atau silahkan tekan check port untuk menghindari bentrok port. Lalu tekan Lanjut.


    5. Pada form persetujuan silahkan untuk membaca "Kesepakatan atas Lisensi" sebelum menuju langkah selanjutnya. Jika setuju dengan Kesepakatan atas Lisensi yang ada, silahkan pilih "Saya setuju dengan kesepakatan tersebut" selanjutnya tekan tombol Lanjut.


    6. Tunggu proses penginstalan aplikasi yang sedang berlangsung.


    7. Selanjutnya klik lanjut pada form "Konfigurasi Server Dapodikdas", tunggu hingga proses selesai dan terakhir tekan tombol selesai.


    8. Setelah proses installasi selesai aplikasi akan muncul pada menu dekstop komputer Anda.

    Saat menu aplikasi dapodik di komputer/laptop diklik akan muncul tampilan untuk login dan registrasi. Untuk registrasi diperlukan kode registrasi, kode berbeda dengan kode registrasi tahun sebelumnya. Kode registrasi Aplikasi Dapodik 2013 dibagikan oleh Dinas Pendidikan masing-masing daerah.

    SekolahDasar.Net | 23/10/13 | #Dapodik #Pendataan #Tutorial

    Ketik Email Anda Untuk:

KOMENTARI Beginilah Cara Instal Aplikasi Dapodik Baru 2013

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Baca Informasi Terbaru

Informasi Terhangat Hari Ini