» » » » Pelajari Kisi-kisi Soal Tes Seleksi CPNS 2014

Pelajari Kisi-kisi Soal Tes Seleksi CPNS 2014

Ada tiga kisi soal yang akan diujikan pada saat tes seleksi CPNS 2014.
Ada tiga kisi soal yang akan diujikan pada saat tes seleksi CPNS 2014.
Para pelamar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 dihimbau untuk mempelajari kisi-kisi soal dengan baik. Hal ini dikatakan Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Seluruh instasi pusat maupun daerah yang membuka lowongan CPNS melaksanakan tes seleksi dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ada tiga kisi soal yang akan dites pada September mendatang yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk tes wawasan kebangsaan para peserta tes seleksi CPNS 2014 disarankan untuk mempelajari materi tentang Pancasila, UUD 1945 dan amandemennya, NKRI, tata negara, dan lainnya. Menurut Bima, sebagai seorang CPNS wajib memahami sejarah kebangsaan, karena nantinya mereka akan mengurus negara.

Tes intelegensia umum menguji tingkat intelegensi seseorang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematisnya. Sedangkan untuk tes karakteristik pribadi menguji kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan berprestasi. Nilai maksimal tes karakteristik pribadi adalah 175, dari hasil tahun lalu, hampir semua peserta lolos tes ini.

"Untuk materi ini sebenarnya tidak perlu belajar lagi, karena berkaitan dengan pribadi masing-masing. Namun, nilai TKP jangan sampai di bawah 70 karena dinilai tidak mempunyai karakteristik yang memadai dan juga dinilai menjadi SDM yang susah dikembangkan," kata Bima yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (23/08/2014).


SekolahDasar.Net | 23 Agustus 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA