» » » » BKN Sebut Jumlah Guru di Indonesia Sudah Cukup

BKN Sebut Jumlah Guru di Indonesia Sudah Cukup

penyebaran guru PNS-nya belum merata, makanya ada daerah yang justru kurang guru
Penyebaran guru PNS belum merata, ada daerah yang justru kurang guru (ilustrasi via daulahislam)
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengatakan jumlah guru di Indonesia sudah cukup. Belum meratanya distribusi guru PNS yang menyebabkan ketimpangan jumlah guru di sekolah suatu daerah. Sehingga masing-masing daerah mengaku kekurangan guru.

"Sebenarnya jumlah guru PNS di Indonesia sudah memadai. Hanya saja penyebaran guru PNS-nya belum merata, makanya ada daerah yang justru kurang guru," kata Eko yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (07/10/2014).

Menurutnya selama ini daerah membiarkan distribusi guru yang tidak merata. Dia mencontohkan di provinisi atau kabupaten/kota tertentu terjadi kelebihan guru PNS, sementara di daerah lainnya kekurangan guru PNS. Sehingga proses belajar-mengajar terganggu dan siswa dirugikan.

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam pengangkatan atau memindahkan seorang pegawai pada jabatan tertentu tidak boleh dilakukan secara subyektif, dan tanpa alasan yang jelas.

Jika seorang PPK mengimplementasikan dengan konsisten Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Kepegawaian yang ditetapkan BKN dalam hal distribusi dan penempatan pegawai, kekurangan guru PNS tidak akan terjadi.

Sebelumnya Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan kekurangan guru hampir merata di seluruh kabupaten/kota, terutama daerah tertinggal. Bahkan untuk jenjang SD kekurangan guru mencapai 400.000 orang guru.



SekolahDasar.Net | 7 Oktober 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA