» » » » Buku Raport SD Kurikulum 2013 dan Contoh Isinya

Buku Raport SD Kurikulum 2013 dan Contoh Isinya

Contoh Buku Raport SD Kurikulum 2013.
Dalam laporan hasil belajar atau raport Kurikulum 2013 SD, penilaian setiap muatan pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan skala 1-4, sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K), yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A - D.

Pengolahan Nilai Aspek Sikap
Penilaian aspek sikap diperoleh dengan menggunakan instrumen: (1) observasi; (2) Penilaian diri sendiri; (3) Penilaian antarteman; dan (4) Jurnal catatan guru. Tetapi dalam pengolahan nilai yang akan diisikan pada buku rapor, penilaian diri sendiri dan penilaian antarteman hanya digunakan sebagai bahan konfirmasi. Sedangkan jurnal catatan guru digunakan untuk mengisi saran-saran pada buku raport.

Pengolahan Nilai Aspek Pengetahuan
Meskipun nilai aspek pengetahuan diolah secara kuantitatif, tetapi yang dicantumkan di buku raport adalah deskripsi kualitatif. Deskripsi tersebut berupa kalimat positif terkait kemampuan peserta didik dalam setiap muatan dan usaha-usaha yang perlu untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Penghitungan nilai capaian kompetensi peserta didik secara kuantitatif, dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM), sebagai pertimbangan untuk melakukan program remedial. Penghitungan nilai capaian kompetensi peserta didik dalam satu semester secara kuantitatif, dilakukan

Pengolahan Nilai Aspek Keterampilan
Penilaian Keterampilan diperoleh melalui penilaian kinerja yang terdiri atas penilaian praktik/kinerja, penilaian projek, dan penilaian portofolio. Pengolahan nilai keterampilan dapat menggunakan bobot yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian.

Contoh Pengisian Buku Raport Kurikulum 2013



SekolahDasar.Net | 29 November 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA