» » » » Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak, ini yang harus dilakukan orangtua.
Orangtua yang memiliki anak kurang percaya diri, lebih baik menelusuri dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui pemicunya, maka dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dengan intervensi yang lebih tepat.

Dilansir SekolahDasar.Net dari Republika (27/12/14), Psikolog anak, Ine Indriani Aditya, M.Psi, EST menjelaskan beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, diantaranya:

  • Memberikan kasih sayang
Menerima anak kita apa adanya, menghargai temperamen, kelebihan dan kekurangannya. Hal ini diperlukan agar anak merasa aman sehingga anak dapat menghadapi lingkungan dan situasi sulit dengan lebih percaya diri.

  • Bermain dengan anak
Bermain dengan anak bisa membuat rasa percaya diri anak. Orangtua akan banyak belajar tentang anak kita saat bermain bersama, selain itu aktivtas ini juga akan memberikan perasaan bernilai dan berharga pada anak.

  • Hindari membanding-bandingkan
Sebaiknya orangtua menghindari membanding-bandingkan anak dengan saudara kandung ataupun dengan anak lain. Orang tua juga harus bisa menerima perasaan anak dan menjadi pendengar yang baik terhadap keluh kesahnya.

  • Memberikan pujian
Cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah dengan memberikan pujian walaupun usahanya belum tentu maksimal. Pujian yang sesuai dapat membantu anak merasa dirinya mampu.

  • Belajar dari kesalahan
Ketika anak berbuat suatu kesalahan dan kita tidak langsung menyalahkan, anak akan merasa bahwa berbuat salah adalah sesuatu yang wajar terjadi dan kita bisa belajar dari kesalahan yang telah dilakukan.

  • Memberikan tanggung jawab dan kesempatan
Berikan tanggung jawab sehari-hari pada anak, seperti membantu mencuci piring yang telah ia pakai, menyiapkan buku, dan lainnya. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan juga melatih kemandirian anak.



SekolahDasar.Net | 27 Desember 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA