» » » » 5 Tips Memotivasi Anak Belajar di Rumah

5 Tips Memotivasi Anak Belajar di Rumah

Mendampinginya anak belajar (ilustrasi).
Langkah terbaik untuk mengatasi permasalahan belajar anak adalah mencari lebih dahulu penyebab utamanya. Apakah berasal dari rumah, sekolah, atau lingkungannya. Jika ternyata permasalahan anak berawal dari lingkungan rumah, banyak yang dapat dilakukan orang tua selama berada di rumah untuk membangkitkan semangat belajar anak.

Apa saja itu? Pertama berempati dengan menerima anak apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Setiap anak sebenarnya memiliki kelebihan, sayangnya banyak orang tua lebih menonjolkan kekurangan anak hal ini dapat menjatuhkan harga dirinya.

Kedua beri anak penghargaan jika menunjukkan prestasi baik dari hasil belajarnya berupa perhatian, kasih sayang, materi dan pujian dengan tidak berlebihan secukupnya saja. Ketiga beri kepercayaan untuk mengembangkan dirinya dan memotivasi dengan memilih pelajaran yang diminatinya. Keempat cukupi sarana belajarnya dengan melengkapi buku-buku yang dibutuhkannya membuat perpustakaan pribadi untuk anak.

Yang terakhir ciptakan suasana yang menyenangkan di rumah dengan mendampinginya saat belajar dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Bayangkan saja saat anak sedang antusias untuk belajar, tiba-tiba orang tua berkata, "Aduh jangan ganggu ibu, ibu lagi sibuk. Sudah sana, lagian ibu 'kan nggak ngerti matematika!".

Dampingilah anak kita saat kesulitan, berilah kenyamanan perhatian kecil ini sangat berarti. Masih banyak yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk membangkitkan motivasi belajar anak. Andalah yang lebih mengenal anak Anda. Yang paling penting, sikap sabar dan pengertian dari anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan oleh anak. Tetap semangat, Anda bisa!

*) Ditulis oleh Joko Susanto,S.Pd.I, Guru SD Plus Darul Ulum
Anda juga bisa mengirimkan tulisan ke SekolahDasar.Net di sini



SekolahDasar.Net | 16 Februari 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA