» » » » Mau Dibawa Kemana Peserta Didik Kita?

Mau Dibawa Kemana Peserta Didik Kita?

Kita kurang memperhatikan kebahagiaan peserta didik kita. Pernahkah kita bertanya kepada mereka, apakah mereka bahagia?
Pendidikan merupakan hal terpenting untuk masa depan, pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk sebuah perubahan dan pembangunan ke arah perkembangan yang maju. Tuntutan zamanlah yang membuat sebuah pendidikan harus lebih berkembang. Pendidikan yang membuat negara lebih berkembang, karena dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Tanpa pendidikan semua tak akan sesuai dengan keinginan manusia pada hakikatnya untuk lebih maju dan berkembang.

Pada dasarnya pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Namun selama ini, banyak pendapat beranggapan bahwa pendidikan dinilai hanya menjadi formalitas saja untuk membentuk sumber daya manusia Indonesia. Tidak peduli bagaimana hasil pembelajaran formal tersebut, yang terpenting adalah telah melaksanakan pendidikan di jenjang yang tinggi dan dapat dianggap hebat oleh masyarakat. Setiap orang mempunyai kelebihan dibidangnya masing-masing dan diharapkan dapat mengambil pendidikaan sesuai bakat dan minatnya bukan hanya untuk dianggap hebat oleh orang lain.

Berbicara tentang sekolah yang terbaik tentu saja jawabannya akan beragam antara orangtua satu dengan orangtua yang lain. Hal itu tergantung dari ukuran yang dipakai untuk menentukan apa yang dimaksud dengan sekolah yang terbaik. Ada sejumlah orangtua yang percaya bahwa sekolah yang terbaik adalah sekolah yang murid-muridnya bisa menjadi juara olimpiade mata pelajaran di tingkat nasional maupun internasional, berprestasi dalam perlombaan karya ilmiah, lulus ujian nasional 100%, dan lainnya. Sehingga orang tua yang demikian akan memilihkan anaknya sekolah yang disebut masyarakat umum sebagai sekolah favorit, baik yang bertaraf nasional maupun bertaraf internasional.

Baca juga: 7 Pertimbangan dalam Memilih Sekolah untuk Anak

Di sisi yang lain ada sejumlah orangtua yang meyakini bahwa sekolah yang terbaik adalah sekolah yang bisa membantu anak-anak mereka semakin mengetahui siapa dirinya, dari mana dirinya berasal dan akan ke mana nantinya. Sekolah yang menjadikan anak-anak mereka semakin mengetahui dan meyakini kemampuan apa yang ada dalam diri anak. Sekolah yang menyediakan pengalaman-pengalaman belajar yang membuat anak-anak mereka semakin memiliki kesiapan dan kompetensi terbaik dalam mensikapi dan menjalani kehidupan di masa mendatang.

Terlepas dari orientasi pendidikan yang kita yakini, ada hal yang sering terabaikan oleh sekolah dalam menyelenggarakan proses pendidikan kepada peserta didik maupun oleh orangtua ketika melakukan pemilihan sekolah dan pendampingan belajar kepada anaknya. Sangat terabaikan karena orientasi pendidikan di negeri ini lebih menekankan pencapaian prestasi akademik. Kita melupakan kebahagiaan anak-anak kita. Kita kurang memperhatikan kebahagiaan peserta didik kita. Pernahkah kita bertanya kepada mereka, apakah mereka bahagia?

*) Ditulis oleh Loresta Putri Nusantara Kasih. Guru di SD Muhammadiyah 9 Malang



SekolahDasar.Net | 28 Februari 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA