Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Mulai tahun pelajaran 2022/2023 pada jenjang Sekolah Dasar (SD) sudah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka. Tahun ajaran baru akan dimulai pada tanggal 18 Juni mendatang. Saat ini sedang dilangsungkan bimbingan teknis (bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi guru-guru SD. Salah satu materinya yaitu struktur Kurikulum Merdeka.


Kurikulum Merdeka sedikit berbeda dengan kurikulum sebelumnya (K-13), khususnya pada muatan pelajaran. Selain itu juga ada perubahan pada alokasi waktu. Di awal tahun pelajaran, guru kelas 1 tentunya sudah harus membuat jadwal pelajaran. Berikut Alokasi Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) serta Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per Tahun.





Download Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Pada Kurikulum Merdeka pembelajaran di Sekolah Dasar dikembalikan pendekatan mata pelajaran. Dalam penyusunan jadwal guru kelas 1 dapat menggunakan pembagian waktu per minggu menggunakan mata pelajaran. Meskipun begitu, guru kelas 1 harus memperhatikan hal baru yang ada di dalam Kurikulum Merdeka yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 


Guru kelas 1 wajib menyertakan proyek dalam penyusunan jadwal. Baik yang dilakukan per akhir pelajaran, per minggu maupun per periode. Proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan penggabungan pembelajaran antara beberapa pelajaran yang dilakuakan dengan pembelajaran berbasis proyek atau praktek. Tujuannya untuk mendapatkan pemahaman dan mampu penyelesaian masalah.

Sebagian besar dari Anda mungkin penasaran, seperti apa alokasi dan pembagian jadwal pelajaran Kelas 1 Kurikulum Merdeka? SekolahDasar.Net akan membagikan contoh atau referensi jadwal pelajaran Kurikulum merdeka untuk kelas 1 SD. Jadwal ini dapat guru kelas 1 gunakan sebagai gambaran dalam menentukan Proyek di sekolah. Jadwal pelajaran kelas 1 Kurikulum Merdeka dapat didownload di tautan berikut ini:


Demikian informasi alokasi dan contoh jadwal pelajaran kelas 1 SD pada Kurikulum Merdeka yang dapat SekolahDasar.Net bagikan. Semoga contoh jadwal kurikulum merdeka kelas 1 SD dapat menjadi referensi yang bermanfaat guru kelas 1. Sehingga administrasi pembelajaran yang berupa jadwal pelajaran dapat segera dibuat guru kelas 1 agar kegiatan belajar dapat segera berjalan dengan lancar.