» » » » RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 Lengkap

RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 Lengkap

RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2
Download Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Kelas 3 semester 2.
Mulai tahun ini, Kurikulum 2013 diterapkan pada kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI. Kurikulum 2013 SD/MI menggunakan pendekatan tematik terpadu. Guru kelas 3 harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan isi Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Kegiatan belajar mengajar disusun agar siswa lebih aktif dan mampu memecahkan masalah.

Guru harus mampu mengolah RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 pedoman untuk kegiatan proses belajar mengaajar agar siswa memiliki 4C. Yakni, critical thinking, communication skill, creativity and innovation, serta collaboration. Pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.

Setelah mengalami revisi, perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) pada Kurikulum 2013 (K13) menjadi bagian penting. Untuk mencapai titik kompetensi dasar sesuai dengan target guru pada kegiatan belajar mengajar, maka diperlukan indikator pencapaian. Dalam merumuskan indikator pada RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 ada kaidah-kaidah yang harus di cermati.

Guru kelas 3 harus mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satunya, terlebih dulu membuat RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 sebagai pedoman untuk mendukung pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar. Setiap tema terdiri dari 3 subtema, dan setiap satu subtema dilaksanakan sebanyak 6 pembelajaran.

Berikut file berkas mengenai perangkat RPP Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru, untuk sekolah SD/MI kelas 3 tematik lengkap per subtema dan per pembelajaran pada semestar 2. Sehingga guru yang sedang membutuhkan bahan referensi atau contoh dapat mendownload RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 semester genap untuk SD/MI melalui tautan ini:




RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok (di KKG).

Setiap tema terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika IPA, IPS, PJOK dan SBdP. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah merupakan perangkat pembelajaran yang wajib di miliki oleh setiap Guru. Setiap Guru kelas 3 berkewajiban menyusun RPP sesuai Kurikulum 2013 revisi terbaru secara lengkap dan sistematis.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 27 Desember 2018

KOMENTAR ANDA