Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah resmi menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023. Kurikulum Merdeka memiliki materi yang diajarkan lebih sederhana dan mendalam. Mulai kelas 4 SD mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial digabung. Dalam dokumen resminya, struktur Kurikulum Merdeka dibagi menjadi dua kegiatan utama yaitu pembelajaran intrakurikuler dan Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Lihat juga : Ini Suka Duka Menjadi Guru Kelas 4 SD

Guru yang mulai tahun pelajaran 2022/2023 ditugaskan mengajar kelas 4 tentunya harus segera melengkapi administrasi kelasnya, diantaranya jadwal pelajaran. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan guru dalam mengajar sesuai tahapan capaian dan perkembangan siswa. Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan mata pelajaran. Total jam pelajaran (JP) dalam seminggu untuk kelas 4 adalah 42 JP dibagi menjadi 35 JP untuk intrakurikuler dan 7 JP untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Bimbingan Teknis (bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan segala macam perangkat pendukungnya telah dilakukan Kemendikbud Ristek agar penerapan Kurikulum Merdeka di SD berjalan dengan sukses. Dengan aplikasi Merdeka Mengajar guru bisa membantu guru mengajar, belajar, dan berkarya sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka. Berikut rincian alokasi dan jadwal pelajaran kelas 4 Kurikulum Merdeka berdasarkan sosialisasi dari Kemendikbudristek:

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka


Download Jadwal Pelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Jika dicermati, hal baru di Kurikulum Merdeka yaitu pengurangan jam setiap mata pelajaran yang dialihkan ke Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Salah satu keunggulan Kurikulum Merdeka adalah Pembelajaran melalui kegiatan proyek. Hal ini memberikan kesempatan lebih luas kepada siswa untuk aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Sekolah harus segera menyusun jadwal pelajaran sesuai struktur Kurikulum Merdeka dengan melibatkan seluruh guru. Kemendikbudristek telah merilis dokumen Struktur Kurikulum Merdeka dilengkapi dengan rincian alokasi waktu dan contoh jadwal mata pelajaran kelas 4 SD. Contoh jadwal tersebut dapat guru kelas 4 gunakan sebagai gambaran untuk menentukan kegiatan proyek. Alokasi waktu dan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka kelas 4 SD bisa didownload melalui link berikut ini:

JADWAL PELAJARAN KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA

Itulah informasi terkini dari SekolahDasar.Net terkait sturuktur, alokasi, dan jadwal pelajaran kelas 4 Kurikulum Merdeka. Selain mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, mata pelajaran lain di kelas 4 yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Muatan lokal. Semoga contoh jadwal pelajaran kelas 4 Kurikulum Merdeka menjadi referensi yang bermanfaat. Tolong bagikan juga dengan yang lain.