» » » » Tips Bagi Orang Tua Jelang Anak Hadapi Ujian

Tips Bagi Orang Tua Jelang Anak Hadapi Ujian

Orang tua ikut mengontrol jadwal belajar anak, dan menawarkan bantuan pada anak.
Memasuki akhir tahun pelajaran berarti musim ujian sekolah bagi anak-anak, ujian akhir sekolah bagi siswa kelas 6 SD dan ujian kenaikan kelas bagi siswa kelas 1 sampai 5 SD. Sebagai bentuk evaluasi ujian sekolah dilaksanakan untuk mengukur kemampuan anak.

Tak hanya membuat anak tertekan, banyak orang tua juga merasa terbebani dengan musim ujian sekolah, dan kadang berakhir cekcok dengan sang anak. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan orang tua jelang buah hati menghadapi ujian sekolah.

1. Orang tua ikut terlibat
Sebaiknya orang tua ikut mengontrol jadwal belajar anak, dan menawarkan bantuan pada anak. Misalnya, membantu dengan menjawab soal atau pertanyaan apapun yang diminta anak.

2. Berikan anak makanan sehat dan ajak berolahraga
Jangan lupa menyediakan anak makan pagi yang sehat, karena hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi belajar mereka. Saat akhir pekan ajak anak berolahraga bersama.

3. Jangan menyuap anak dengan hadiah
Hadiah terbaik menurut dari orang tua untuk anak adalah pendidikan itu sendiri. Jadi hindari untuk memberi iming-iming berlebihan untuk memenuhi keinginan orang tua.

4. Jadilah orang tua positif
Orang tua biasanya berekspetasi tinggi terhadap anaknya. Tetapi anak juga mengalami stres saat menjelang ujian. Penting menjadi orangtua yang postif dan sigap mebantu anak.

Baca juga: Jangan Bebani Anak dengan Target Orang Tua

Seperti yang SekolahDasar.Net lansir dari Tribunnews (13/05/15), bahwa anak yang memiliki tingkat khawatir tinggi berakhir pada performa ujian yang buruk. Jadi hindari memberi banyak tekanan pada anak.



SekolahDasar.Net | 13 Mei 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA