Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Kisi-Kisi Soal UKG Guru Kelas SD

Kisi-Kisi Soal UKG 2015 Guru Kelas SD
Selengkapnya kisi-kisi soal UKG guru SD bisa didownload di tautan di bawah ini.
Untuk mengetahui pemetaan kompetensi guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG). Ujian yang wajib diikuti semua guru, baik guru PNS maupun bukan PNS ini juga untuk memetakan kompetensi guru, tidak terkecuali bagi guru kelas SD.

UKG telah dilaksanakan sejak tahun 2012, UKG tahun ini dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Hasilnya digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru berkelanjutan.

KISI-KISI UKG 2015 GURU KELAS SD

Kompetensi
1 Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.

Sub Kompetensi
1.1 Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang bagaimana siswa belajar bahasa Indonesia.

Indikator Esensial
1.1.1 Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD.
1.1.2 Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.
1.1.3 Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD. ....dst

Kisi-kisi UKG guru SD bisa didownload di tautan di bawah ini:


UKG tahun 2015 dilaksanakan secara online dan offline. UKG dengan sistem online akan dilaksanakan antara tanggal 9 sampai 27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Rincian jadwal pelaksanaan UKG ditentukan bersama oleh LPMP dan dinas pendidikan kabupaten/kota.

Baca juga: UKG Tahun Ini Guru Harus Dapat Nilai Minimal 5,5

Dari hasil UKG akan diketahui kemampuan guru, kemudian guru-guru tersebut dikelompokkan. Mereka yang mendapat skor tinggi cukup mengikuti pembekalan wajib selama 4-10 jam. Sedangkan bagi guru yang memperoleh nilai kurang akan mengikuti pembekalan lebih banyak jumlah jamnya.