» » » » Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Untuk Kelas 5 SD

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Untuk Kelas 5 SD

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Untuk Kelas 5 SD
Aplikasi KKM untuk kelas 5 SD semester 1 dan 2 dengan rincian per mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) digunakan sebagai acuan menyatakan siswa lulus dan tidak lulus pembelajaran dan tindakan yang tepat bagi guru terhadap hasil penilaian. Bagi siswa yang mendapat nilai di bawah KKM diberikan layanan remedial dan bagi yang melampaui KKM diberikan pengayaan.

Dalam membuat KKM untuk kelas 5 SD harus memperhatikan, yaitu: kompleksitas, daya dukung, dan kemampuan (intake) rata-rata siswa. Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan materi, dengan menentukan KKM Indikator, KKM Kompetensi Dasar (KD), KKM Standar Kompetensi (SK).

Baca juga: Download KKM Untuk Kelas 4 SD Semester 1 dan 2

Daya dukung yang dimaksud dalam menyusun KKM adalah ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa. Intake merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa yang bisa didasarkan pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya, yaitu kelas 4 SD.

Setiap mata pelajaran memiliki nilai KKM yang berbeda. Berikut ini aplikasi KKM untuk kelas 5 SD semester 1 dan 2 dengan rincian per mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK, dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Satuan pendidikan, khususnya guru kelas 5 SD perlu melakukan sosialisasi agar KKM dapat mudah diketahui siswa dan atau orang tuanya. KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (Rapor) sebagai acuan dalam menyikapi hasil belajar siswa.



SekolahDasar.Net | 9 Oktober 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA