» » » » Mengenal Lebih Dekat Naskah Soal UKG Tahun 2015

Mengenal Lebih Dekat Naskah Soal UKG Tahun 2015

Mengenal Lebih Dekat Naskah Soal UKG Tahun 2015
Naskah soal akan berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan.
Materi soal Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 dibuat berdasarkan bidang tugas masing-masing guru. Soal UKG tahun ini akan berbeda dengan materi soal UKG sebelumnya yang menekankan kompetensi guru sebagai seorang sarjana.

Hal tersebut dikatakan Santi Ambarukmi, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Kebutuhan Guru, Penguatan Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen GTK Kemendikbud).

"Sebelumnya, yang kita uji dasar kompetensi dari seorang sarjana, sekarang sesuai dengan bidang tugas masing-masing, misalkan guru matematika SMP maka yang diujikan adalah materi untuk Matematika SMP," kata Santi yang SekolahDasar.Net kutip dari laman kemdikbud.go.id (23/10/15).

Jenis mata pelajaran (mapel) yang diujikan adalah sebanyak 200 paket soal dengan 200 mapel. Pada saat ujian, masing-masing guru akan diberikan satu mapel dengan waktu ujian selama dua jam atau 120 menit dengan jumlah soal sebanyak 60-100 soal.

Guru pun dapat mempersiapkan diri menjelang ujian dengan mempelajari kisi-kisi UKG 2015. Kisi-kisi tersebut sudah dapat didownload sesuai mata pelajaran yang akan diujikan pada situs gtk.kemdikbud.go.id, atau sergur.kemdiknas.go.id.

UKG akan dilaksanakan dengan dua sistem yaitu manual (offline), dan media jaringan (online). Pada sistem online, minimal sebanyak 20 guru untuk ditempatkan di dalam ruang Tempat Uji Kompetensi (TUK). UKG online akan dibuat dengan banyak versi, yaitu sesuai dengan jumlah peserta ujian.

Naskah soal akan berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan. Hasil UKG dapat langsung dilihat. Disinilah adanya transparansi dalam penyelenggaraan UKG tahun 2015 secara online. “Kalau salah 30 dari 100 akan terlihat nilainya 70,” ujar Santi.

Baca juga: Soal-soal Latihan UKG 2015 dan Kunci Jawabannya

UKG merupakan ujian terhadap penguasaan kompetensi profesional dan pedagogik di dalam ranah kognitif, sebagai dasar penetapan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan bagian dari penilaian kinerja guru. Penyelenggaraan UKG 2015 berlangsung pada tanggal 9 sampai 27 November 2015.



SekolahDasar.Net | 23 Oktober 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA