» » » » Kemendikbud: Hasil UKG Perlu Dipublikasikan

Kemendikbud: Hasil UKG Perlu Dipublikasikan

Kemendikbud menyatakan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) perlu dipublikasikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) perlu dipublikasikan. Hal ini dikatakan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata.

“Hasil UKG memang perlu dipublikasikan tapi dilihat dahulu ke siapa hasilnya akan dipublikasikan,” kata Pranata yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (04/11/15).

Pranata juga mengatakan hasil UKG yang diikuti seluruh guru ini bisa diberikan informasinya kepada Kepala Sekolah (Kepsek) maupun dinas pendidikan setempat. Hasil UKG ini bisa menjadi dasar dalam membina guru ke depannya.

"Kalau beritahu ke orangtua, itu jangan dahulu. Ini bisa menimbulkan ketidakhormatan kepada guru jika hasilnya kurang baik," kata Pranata.

Baca juga: PGRI Keberatan Hasil UKG Dipublikasikan

Pada hakikatnya, UKG tidak menjadi penentu kelulusan. Hasilnya juga tidak akan menjadi batasan untuk mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau tidak. Menurut dia, hasil UKG hanya untuk memetakan kompetensi guru.

Pelaksanaan UKG online akan diselenggarakan secara serentak pada 9 hingga 27 November 2015. Jenis UKG ini diperuntukkan bagi sekolah yang sudah siap, tercatat 4145 sekolah yang akan digunakan sebagai tempat uji kompetensi secara online.

Sementara pelaksanaan UKG secara offline akan dilaksanakan pada 24 November 2015. Kegiatan ini akan dilakukan di 10 provinsi secara serentak. UKG ini akan dilaksanakan di 156 sekolah yang tersebar di provinsi-provinsi itu.

Kemendikbud telah menyediakan 200 jenis soal. Jumlah ini diperuntukkan untuk seluruh tingkatan sekolah. Soal-soal UKG dibuat oleh para dosen dan telah diujicoba terhadap sejumlah guru koresponden.



SekolahDasar.Net | 4 November 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA