Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru yang Profesional dan Keren Itu Seperti Ini

Guru yang Profesional dan Keren Itu Seperti Ini
Guru yang mengerti dunia anak, bahkan paham akan psikologi siswanya. Itulah sosok guru yang sukses, profesional dan keren.
Guru yang keren itu adalah guru yang memahami psikologi anak didiknya. Itu dikemukanan pakar pendidikan anak Seto Mulyadi ketika menjadi pembicara dalam Seminar "Peran Profesionalisme Guru dalam Menjawab Pendidikan Menuju Generasi Emas" di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

"Guru yang diimpikan siswanya itu adalah guru yang memperhatikan dan mengerti dunia anak-anak yang dididik, bahkan paham akan psikologi siswanya. Itulah sosok guru yang sukses, profesional dan keren," kata Kak Seto yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (25/05/16).

Kak Seto yang di masa lalu populer dengan yang disukai anak-anak ini mengatakan anak bukanlah orang dewasa ukuran mini, dunia mereka adalah dunia bermain. Anak, selain bertumbuh secara fisik ia juga berkembang secara psikologis, ia kreatif dan suka meniru.

Baca juga: Menjadi Guru yang Dicintai Siswa

Dunia anak adalah dunia bermain, oleh sebab itu menurut dia, cara mendidik anak haruslah dengan cara bermain. Bukan dengan cara kekerasan seperti membentak atau meninggikan suara, bahkan marah-marah kepada siswa.

Dalam kaitan ini, Kak Seto menjelaskan lima ciri utama mendidik anak dengan cara bermain, yaitu sebagai berikut:

1. Bermain didorong oleh motivasi dari diri sendiri, sehingga apa akan dilakukan anak memang betul-betul memuaskan dirinya, bukan karena iming-iming hadiah atau karena diperintah orang lain.

2. Bermain dipilih secara benar sesuai keinginan anak.

3. Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan.

4. Bermain tidak selalu harus menggambarkan hal yang sebenarnya.

5. Bermain senantiasa melibatkan peran serta aktif anak, baik secara fisik, psikologis maupun keduanya sekaligus.

Untuk bisa mendidik anak dengan bermain, seorang guru harus juga menjadi seorang pendongeng, penyanyi, bahkan pesulap. Selain memahami psikologi anak yang suka bermain, juga ditekankan pentingnya melatih dan mengembangkan kemampuan anak.

"Sebagai seorang pendidik yang baik pun, kita juga perlu serius melatih dan mengembangkan berbagai kemampuan seperti sikap rendah hati, ramah, sopan santun, kedisiplinan, juga kemampuan berbicara secara jelas, tegas, lancar, menarik, menyanyi, bergerak lincah dan gesit, serta yang paling penting adalah kreatif," jelas Kak Seto.