» » » » Sekolah Bukan Lagi Tempat yang Nyaman Bagi Guru

Sekolah Bukan Lagi Tempat yang Nyaman Bagi Guru

Sekolah Bukan Lagi Tampat yang Nyaman Bagi Guru
Sekolah bukan lagi sebagai ruang yang nyaman bagi para guru dalam mendidik dan membentuk karakter.
Sekolah bukan lagi tempat yang nyaman bagi guru untuk mendidik. Hal ini dikatakan Pelaksana Tugas Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasidi. Menurutnya, ini terlihat dari maraknya kasus yang menyeret guru ke ranah pidana oleh orang tua siswa.

"Sekolah bukan lagi sebagai ruang yang nyaman bagi para guru dalam mendidik, menanamkan budi pekerti, membentuk karakter, dan nilai-nilai disiplin dan kerja keras siswanya. Para guru dicekam rasa ketakutan dalam melaksanakan tugas edukatifnya," kata Unifah yang SekolahDasar.Net kutip dari republika.co.id (14/06/16).

PGRI meminta para guru untuk mengubah metoda mengajar yang lebih ramah pada anak. Guru-guru diminta mempelajari dan mencermati aturan, dan diminta memperkuat kompetensi pribadi serta sosial dalam menghadapi siswa yang seringkali menguji kesabaran guru.

Baca juga: Mendikbud Minta Sekolah Harus Menyenangkan

Dia mengatakan, ada nilai-nilai yang berubah dalam diri masyarakat dan pemahaman yang salah dalam memahami aturan sekolah. Dia meminta jika guru khilaf atau kurang sabar dalam menjalankan tugas, agar masyarakat menghormati pekerjaan guru tersebut.

"Jangan langsung para guru ditahan atau dilaporkan sepihak oleh orang tua. Ajaklah bicara, tolong dimediasi dengan kepala sekolah, orang tua, dan pihak terkait," kata Unifah.


SekolahDasar.Net | 14 Juni 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA