» » » Sekolah Harus Memiliki Tenaga Kebersihan Khusus

Sekolah Harus Memiliki Tenaga Kebersihan Khusus

Sekolah Harus Memiliki Tenaga Kebersihan Khusus

Kebersihan lingkungan adalah kegiatan menciptakan atau menjadikan lingkungan yang bersih, indah, asri, nyaman, hijau dan enak dipandang mata. Kebersihan lingkungan tentu tidak satu tempat saja, misalnya saja kebersihan kantor yaitu kebersihan lingkungan tempat bekerja, kebersihan sekolah yaitu kebersihan lingkungan tempat belajar.

Baca juga: Menanamkan Cinta Lingkungan Hidup Sejak Dini

Kebersihan lingkungan hendaknya tidak terpisahkan dari setiap manusia, lingkungan yang bersih akan memberikan manfaat yang besar kepada manusia dan sebaliknya lingkungan yang kotor akan memberikan masalah yang besar kepada manusia. Oleh sebab itu kita wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal terkecil dan mulai dari sekarang.

Kebersihan di Sekolah adalah tanggung jawab warga Sekolah yang bersangkutan, tinggal bagaimana kita memanej penjagaan kebersihan di sekolahnya. Idealnya, sekolah harus memiliki tenaga kebersihan yang. Meskipun demikian, waraga sekolah bahkan orang tua mempunyai peran penting dalam menjaga kebersihan sekolah.. Ada sekolah yang karena bangunannya luas dan memiliki dana yang cukup, mereka mengontrak cleaning service untuk menjaga kebersihan dan merawat kebun, sebalik nya ada juga yang memberdayakan siswa mereka untuk bersama-sama menjaga kebersihan.

Kedua pilihan punya nilai postif dan negatifnya masing-masing, jika kita memperdayakan anak-anak untuk sama-sama menjaga kebersihan sekolah, maka kita telah melakukan pembiasaan dan menanamkan sikap cinta kebersihan, anak-anak kita latih untuk menjadi peka dan peduli dengan kebersihan lingkungan, walaupun ini sedikit akan mengganggu konsentrasi anak. Sebaliknya kalau kita memanfaatkan petugas kebersihan, memang lebih baik dan kebersihan nya bisa terjamin dan anak tidak terganggu konsentrasinya, namun memakan biaya besar dan menyia-nyiakan kesempatan untuk mendidik dan membiasakan anak untuk peduli terhadap kebersihan.

Adapun manfaat dari kebersihan lingkungan sekolah adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan sekolah menjadi bersih
2. Lingkungan sekolah nyaman untuk belaja
3. Penyakit semakin kecil dibanding yang kotor.
4. Udara di sekitar sekolah sejuk dan bersih
5. Lingkungan menjadi Indah dan enak dipandang

Keikutsertaan siswa dalam menjaga dan membersihkan lingkungan sekolah merupakan bagian dari pendidikan dan pelatihan bagi anak-anak mengenai kebersihan. Disamping itu, keterlibatan anak dalam kebersihan lingkungan sangat membebankan fisik anak, apalagi kegiatannya ditingkat Sekolah Dasar. Keadaan fisik anak-anak belum bisa melakukan suatu pekerjaan yang berat, Selain itu anak anak merasa lelah dan pada akhirnya mengalami sakit dan ini berpengaruh terhadap aktivitas belajar anak.

Oleh karena itu, setiap sekolah harus memiliki tenaga kebersihan yang dipilih secara khusus oleh sekolah demi terwujudnya Lingkungan yang bersih dan sehat. Jika Lingkungan sekolah sehat maka proses belajar mengajar juga akan menjadi nyaman.

*) DITULIS OLEH FLORIANUS JONI, S. Pd. GURU SD NEGERI BAMBOR KECAMATAN MBELILING KABUPATEN MANGGARAI BARAT FLORES - NTT



SekolahDasar.Net | 21 Juli 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA