» » » » Mendikbud Wacanakan Sabtu Minggu Libur Sekolah

Mendikbud Wacanakan Sabtu Minggu Libur Sekolah

Mendikbud Wacanakan Sabtu Minggu Libur Sekolah
Wacana soal libur hari Sabtu dan Minggu ini merupakan bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan gagasan hari Sabtu dan Minggu menjadi hari libur sekolah nasional. Wacana soal libur hari Sabtu dan Minggu ini menurutnya merupakan bagian dari rencana penerapan sekolah dengan pendidikan karakter.

Baca: Mendikbud Anjurkan Sekolah Terapkan Full Day School

Mantan rektor UMM itu menjelaskan, materi akan dimampatkan di hari Senin hingga Jumat, sehingga Sabtu dan Minggu bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain. Bahkan juga bisa digunakan untuk refreshing dengan memanfaatkan libur dua hari.

Muhadjir beralasan, libur hari Sabtu dan Minggu dapat memberi kesempatan kepada siswa yang ingin menikmati waktu berkumpul bersama keluarga. Sekaligus juga menjadi ajang siswa mengembangkan bakat minat mereka dengan bergabung dalam organisasi.

Baca: Pentingnya Melibatkan Orang Tua dalam Mendidik Anak

"Pendidikan karakter tidak membuat siswa belajar seharian. Ada jam untuk melaksanakan kegiatan menyenangkan, seperti pengembangan minat dan bakat, mengaji atau membaca buku fiksi," kata Muhadjir yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (06/09/2016).

Wacana tersebut mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Salah satunya Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM. "Intinya kami (Dinas Pendidikan) menyambut baik apa yang menjadi wacana dan kebijakan menteri," kata Zubaidah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Ir. Budi Iswoyo juga mendukung penerapan libur nasional sesuai dengan wacana dari Mendikbud."Kalau itu merupakan suatu kebijakan dari kementerian, pastinya yang di daerah siap mengimplementasikannya," ujar Budi.



SekolahDasar.Net | 6 September 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA