» » » » Dampak Jika Orangtua Kasar Pada Pendidikan Anak

Dampak Jika Orangtua Kasar Pada Pendidikan Anak

Dampak Jika Orangtua Kasar Pada Pendidikan Anak
Pola pendidikan kasar orangtua akan berdampak negatif terhadap akademik anak.
Jika Anda suka berteriak, memukul atau menggunakan fisik untuk mendidik anak, segeralah mengubah pola pendidikan tersebut. Seperti yang SekolahDasar.Net lansir dari Republika (28/02/17), sebuah studi mengungkapkan, pola pendidikan kasar orangtua akan berdampak negatif terhadap akademik anak.

Baca juga: Anak yang Sering Bermain dengan Orangtua Akan Tumbuh Cerdas

Berdasarkan penelitian pada 1.482 siswa dari Washington yang diikuti selama lebih sembilan tahun pada anak-anak dari kelas tujuh sampai berakhir tiga tahun setelah lulus SMA menunjukkan siswa yang dibesarkan kasar mereka malah akan tidak mengikuti aturan orangtua.

"Dalam penelitian kami, orangtua yang keras akan menurunkan tingkat pendidikan anak,” ujar Ketua Peneliti dari University of Pittsburgh di Pennsylvania, AS, Rochelle F. Hentges, dikutip dari Indian Express.

Anak-anak ini sulit untuk bertanggung jawab serta akan lebih mementingkan mencari kelompok sebaya mereka. Selanjutnya, anak-anak dengan didikan yang keras akan lebih mengandalkan rekan-rekannya.

Bukannya melakukan pekerjaan rumah, mereka akan memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman. Mereka merasa bahwa tidak ada yang salah dalam melanggar aturan untuk menjaga hubungan dengan teman-teman.

Kondisi tersebut jelas akan membuat mereka semakin terlibat dalam perilaku yang lebih berisiko di usia remaja. Perempuan akan lebih terlibat dalam perilaku seksual sedangkan laki-laki dalam perbuatan yang salah seperti memukul dan mencuri.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 28 Februari 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA