» » » » Contoh RPP Tematik Terpadu dengan PPK dan Literasi

Contoh RPP Tematik Terpadu dengan PPK dan Literasi

Contoh RPP Tematik Terpadu dengan PPK dan Literasi
Contoh RPP Tematik Terpadu yang mengintergrasikan PPK dan Literasi di dalam pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 (K-13) edisi revisi yang terbaru harus memunculkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan kegiatan Literasi. Dibutuhkan kreatifitas guru untuk membuat RPP Tematik Terpadu yang memunculkan PPK dan Literasi sehingga menjadi RPP langkah-langkah pembelajaran yang utuh dan baik.

Yang terbaru dalam menyusun RPP K-13 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan sederajat adalah mengintergrasikan PPK didalam pembelajaran dan mengintegrasikan literasi dalam RPP, baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran. Selain itu, proses pembelajaran juga harus sesuai keterampilan abad 21 dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

Dalam RPP K-13 perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa.

Sedangkan Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, atau berbicara. Ini bertujuan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat.

Contoh RPP K-13 untuk SD dan sederajat yang mengintergrasikan PPK didalam pembelajaran dan literasi dalam RPP, baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Tidak mungkin lagi digunakan metode atau pendekatan yang berpusat kepada guru. Yang digunakan adalah Active Learning, yaitu guru perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Kurikulum baru menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 5 Juni 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA