» » » » Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 5 semester 2 kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 (K13) yang diimplementasikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas 5 menggunakan metode pendekatan tematik terpadu. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran secara terintegrasi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa.

Pembelajaran Tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan materi pengajaran dan pengalaman belajar melalui keterpaduan tema. Untuk itu, guru perlu melakukan perencanaan pembelajaran yang didasarkan atas pertimbangan yang matang agar siswa memiliki pengalaman belajar yang bermakna.

Tema menjadi pengikat keterkaitan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Pada pembelajaran ini guru menyajikan pembelajaran dengan tema dan sub tema dan dihubungkan dengan antar mata pelajaran sehinggga siswa memperoleh pandangan dan hubungan yang utuh tentang kegiatan dari muatan mata pelajaran.

Dalam pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap perencanaan salah satunya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam Sub Tema. KD merupakan salah satu unsur dalam Kurikulum 2013, KD mengandung muatan pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang harus dicapai siswa.

Manfaat adanya pemetaan KD ini kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sehingga guru punya pegangan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Berikut contoh pemetaan KD Kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 edisi revisi.

PEMETAAN KD
Tema 6: Panas dan Perpindahannya
Subtema 1 Suhu dan Kalor

MUATAN KOMPETENSI DASAR

1 PKn
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakatdan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2Memahami hak, kewajibandan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

2 BAHASA INDONESIA
3.3 Meringkas teks penjelasan(eksplanasi) dari mediacetak atau elektronik.
4.3 Menyajikan ringkasan tekspenjelasan (eksplanasi)dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.

3 IPA
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.

4 IPS
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial,budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

5 SBDP
3.2 Memahami tangga nada.
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.

Selengkapnya pemetaan KD kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 dapat diunduh melalui tautan berikut ini:


Dengan adanya Pemetaan KD Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 ini memberikan manfaat bagi guru agar lebih mudah menganalisis dan mempersiapkan kegiatan pembelajaran di kelas. Pada semester 2 tema yang akan dipelajari yaitu, Tema 6 Panas dan Permindahannya, Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, dan Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 15 Januari 2018
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA