» » » » Kepala Sekolah Harus Hati-Hati Gunakan Dana BOS

Kepala Sekolah Harus Hati-Hati Gunakan Dana BOS

Kepala Sekolah Harus Hati-Hati Gunakan Dana BOS
Kepala sekolah harus hati-hati. Jangan sampai menyimpang. Penggunaan dana BOS harus sesuai aturan.
Para kepala sekolah SD dan SMP harus hati-hati dalam membelanjakan bantuan dana dari pemerintah, diantaranya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pasalnya jika salah langkah ada konsekuensinya.

"Kepala sekolah harus hati-hati. Jangan sampai menyimpang. Penggunaan dana harus sesuai aturan. Kalau meleset, konsekuensi hukum menunggu," kata anggota Komisi IV DPRD Bengkalis, Syaiful Ardi yang SekolahDasar.Net lansir dari Riau Pos (01/02/18).

Tidak hanya negara dan daerah serta siswa yang bakal dirugikan dengan adanya penyimpangan tersebut. Menurut Syaiful, kepala sekolah pun tidak akan nyaman. Tidak hanya akan tersandung kasus hukum.

"Kalau me­lakukan penyelewengan dana BOS, maka kepala sekolah pun bisa menjadi sasaran empuk pihak-pihak ketiga yang sengaja ingin memanfaatkan kesempatan. Kalau pun kepala sekolah mendapat duit, potensi uang keluarnya malah akan jauh lebih besar," katanya.

Baca: Hati-hati, Ini 17 Larangan Penggunaan Dana BOS

Meski demikian, para kepala sekolah diminta untuk tidak terlalu risau. Kalau tidak ada masalah jangan takut. Juga harus hati-hati terhadap kemungkinan negatif. Ulah oknum-oknum pihak ketiga pun perlu mereka waspadai.

Oknum pihak ketiga bisa saja mencium adanya gelagat penyimpangan tersebut. Selepas itu, kepala sekolah jadi sasaran tekanan. Bisa saja dilaporkan ke pihak berwajib. Atau kepala sekolah akan jadi sasaran pemerasan alias jadi ATM bulanan.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 1 Februari 2018

KOMENTAR ANDA