» » » » Miliki 10 Sifat Ini Supaya Menjadi Guru Idola

Miliki 10 Sifat Ini Supaya Menjadi Guru Idola

Miliki 10 Sifat Ini Supaya Menjadi Guru Idola
Guru yang bisa membuat mereka nyaman dan cepat menangkap pelajaran.
Setiap guru memiliki karakter dan ciri-ciri yang berbeda-beda. Bagi siswa, mereka punya guru idola yang menjadi inspirasi. Guru yang bisa membuat mereka nyaman dan cepat menangkap pelajaran.

Beberapa siswa mengidolakan guru berdasarkan mata pelajaran yang diajarkan. Misalnya saja guru seni dan olahraga, sering disukai karena mereka lebih sering banyak mainnya daripada harus belajar materi yang sulit.

Namun tidak hanya itu, beberapa guru juga bisa menjadi idola para siswanya karena faktor yang lainnya. Berikut ini 10 sifat guru yang menjadi idola siswa seperti yang SekolahDasar.Net lansir dari Tribunnews:

1. Guru yang periang dan ramah

Ciri pertama guru itu bisa langsung menjadi idola kita adalah orangnya periang dan ramah. Guru yang suka menyapa, suka memulai pembicaraan dan menceritakan guyonan. Selain itu, tidak mudah marah juga menjadi salah satu guru yang bisa jadi idola siswanya.

2. Guru yang mudah akrab dengan siswa

Guru yang akrab dengan siswa juga merupakan guru idola. Mereka yang hafal dengan nama-nama siswanya dan tidak hanya bertegursapa di kelas saja. Bahkan ia hafal dengan sifat dan kebiasaan siswanya.

3. Guru yang antusias ketika mengajar

Guru yang selalu bersemangat dan antusias dalam mengajar itu membuat siswa menjadi ikutan bersemangat di dalam kelas. Bisa dibayangkan, kalau gurunya saja malas-malasan memberikan materi, siswanya tentu juga malas untuk mendengarkan.

4. Guru yang menghormati dan menghargai

Guru yang hormat dan menghormati itu biasanya mengucapkan kata minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta. Mereka tidak membentak atau mengeluarkan kata-kata kasar pada siswa.

5. Guru yang peduli

Siswa suka dengan guru yang peduli terhadap mereka. Selalu membantu siswa yang membutuhkan bantuan.

6. Guru yang kreatif dan menarik

Menjadi guru yang tidak membosankan dengan cara unik dan menarik menjadi kesukaan para siswa. Guru yang mengajar dengan kreatif dan menarik menjadi idola para siswa.

7. Guru yang melek teknologi

Di era digital ini guru juga dituntut untuk selalu update soal teknologi. Guru yang tidak gaptek akan disenangi anak-anak karena mereka bisa melangsungkan pelajaran dengan lebih cepat dan menarik.

8. Guru yang peka

Menjadi guru itu harus peka terhadap siswanya, tidak cuma ketika ada anak didiknya yang sakit saja. Tapi jika ada yang belum paham dengan pelajaran dan materi di kelas, guru juga harus selalu menanyakan pada siswanya.

9. Guru yang menguasai materi pelajaran

Guru yang handal dan menguasai materi pelajaran pasti juga bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh siswanya. Kalau gurunya saja tidak bisa, bagaimana mau mengajarkan kepada siswanya.

10. Guru yang memiliki rasa pengertian

Guru harus punya rasa saling pengertian. Misalnya mau menerima alasan siswa yang ingin meninggalkan pelajaran. Tidak langsung marah pada siswa dan menyediakan waktu tambahan untuk mendiskusikan materi yang sulit.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 24 September 2018

KOMENTAR ANDA