» » » » Promes dan Pemetaan KD Matematika Kelas 5

Promes dan Pemetaan KD Matematika Kelas 5

Promes dan Pemetaan KD Matematika Kelas 5
Download Program Semester (Promes) dan pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Matematika kelas 5 Kurikulum 2013.
Program Semester (Promes) merupakan penjabaran dari Program Tahunan (Prota) sehingga program tersebut tidak bisa disusun sebelum tersusun Prota. Program semester sesuai Kurikulum 2013 berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.

Dalam pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap perencanaan salah satunya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam Sub Tema. KD merupakan salah satu unsur dalam Kurikulum 2013, KD mengandung muatan pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang harus dicapai siswa.

Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 5 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Baca: Buku Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013

Manfaat adanya pemetaan KD ini kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan sehingga guru punya pegangan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, dapat mempermudah anda dalam menyusun kisi-kisi soal, melakukan penilaian.

Selengkapnya promes dan pemetaan KD Matematika kelas 5 Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Program semester merupakan hasil analisis jumlah minggu efektif, jumlah KD, tingkat kedalaman dan kesulitan tiap KD, ketersediaan sarana prasarana, sehiga dapat menentukan alokasi waktu untuk setiap KD. Pemetaan KD Matematika Kurikulum 2013 Kelas 5 dikutip langsung dari buku guru.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 1 September 2018

KOMENTAR ANDA