» » » » PTK dengan Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw

PTK dengan Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw

Download Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw.
Download Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw.
Metode mengajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak. Penggunaan metode mengajar yang menarik dan menyenangkan akan sangat berpengaruh pada iklim belajar di kelas. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan diperoleh data nilai siswa yang kurang baik. Ini dapat dilihat dari sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal).

Sejalan dengan pemikiran di atas serta melihat hasil belajar yang belum optimal, maka diperlukan perubahan dalam proses pembelajaran yang kondusif sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Guru dianggap sebagai satu-satunya sumber belajar. Metode pembelajaran yang masih bersifat konvensinal, dimana siswa hanya menyimak penjelasan guru, mencatat dan mengerjakan latihan saja. Belum lagi penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan hanya menekankan pada penghafalan semata, semakin menambah daftar panjang alasan siswa merasa enggan dalam belajar.

Metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan untuk siswa sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran adalah puzzle jigsaw. Menurut Adenan (1989:9) dinyatakan bahwa puzzle dan games adalah materi untuk memotivasi diri secara nyata dan merupakan daya penarik yang kuat.

Tarigan (1986:234) menyatakan bahwa pada umumnya para siswa menyukai permainan dan mereka dapat memahami dan melatih cara penggunaan kata-kata, puzzle , crosswords puzzle , anagram dan palindron. Sedangkan Jigsaw adalah salah satu metode kooperatif yang lebih mengetengahkan kerja sama tim dalam memecahkan masalah.

Metode puzzle jigsaw merupakan metode kolaborasi antara permainan puzzle dan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pembaharuan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran kooperatif dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat membangun kerjasama antar individu dalam kelompoknya.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang mencakup kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus.

Dalam pelaksanaannya penulis merencanakan menggunakan 3 siklus sebagai dasar penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data adalah cara-cara yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data, (Arikunto. S, 1998:125). Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode dokumentasi, tes dan observasi.

Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw Di Kelas II SDN 8 Gedung Air Bandar Lampung, dapat Anda download melalui link berikut ini:

PTK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PUZZLE JIGSAW

Metode analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui kecenderungan peningkatan prestasi belajar siswa dari setiap siklus dalam kegiatan belajar mengajar. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu sekurang - kurangnya 85% dari keseluruhan siswa memperoleh nilai 65 untuk prestasi belajar kognitif, (Mulyasa, 2004:99).

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 19 Oktober 2018

KOMENTAR ANDA