Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mencari Data NUPTK di Layanan Baru NUPTK

Bingung mencari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)? Kesulitan menemukan NUPTK? Tidak perlu khawatir, sebenarnya untuk mencari atau mengecek NUPTK yang merupakan nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) tidaklah sulit. Untuk mengetahui NUPTK yang terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap bisa kita telusuri melalui internet atau online. NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan.

Penelusuran NUPTK melaui internet secara online saat ini telah tersedia dan pencarian NUPTK sangat mudah. Dari website resmi Kemendikbud yaitu Search Engine NUPTK akan menampilkan data berupa data PTK satu sekolah. Selain itu, nama sekolah yang ditampilkan dilengkapi NSS, NPSN, Jumlah PTK, Jumlah dan rombel siswa. Dengan website ini maka juga berfungsi untuk menelusuri NSS dan NPSN.

Kemudian hasil pencarian NUPTK di website Search Engine NUPTK menampilkan informasi lengkap PTK yang meliputi: Peg_id, NUPTK, Nama PTK, Tempat Lahir, Usia, Ijazah, Status Pegawai, Tugas/Jabatan, Masa Kerja, dan Status sertifikasi. Perlu diketahui, NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengna pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Ada tiga cara penelusuran: berdasarkan sekolah, nama, dan NUPTK.

Cara Mencari NUPTK berdasarkan tempat tugas PTK:
Pertama, Kunjungi Search Engine NUPTK
Kedua, Klik Penelusuran lalu pilih Sekolah
Kedua, Pilih provinsi
Ketiga, Pilih Kab atau Kota
Keempat, Pilih jeis instansi (Formal, Nonformal, Pengawas)
Kelima, Pilih jenjang sekolah
Keenam, Ketik Nama Sekolah (Bila nama sekolah tidak diisi maka hasil pencarian berupa data nama jenjang sekolah satu Kab/Kota)
Terakhir, Klik ‘Cari”


Cara Mencari NUPTK berdasarkan nama PTK:
Pertama, Kunjungi Search Engine NUPTK
 Kedua, Klik Penelusuran lalu pilih Nama
Kedua, Isi Nama Depan (Tanpa Gelar)
Ketiga, Lengkapi Data Pribadi :
Keempat, Isi Tempat Lahir
Kelima, Isi Tanggal Lahir
Keenam, Isi Ibu Kandung (Tanpa Gelar)
Terakhir, Klik ‘Cari”


Itulah cara pencarian (penelusuran) NUPTK berdasarkan tempat tugas PTK (sekolah) dan cara pencarian (penelusuran) NUPTK berdasarkan nama PTK. Masih ada satu lagi, yaitu mencari NUPTK berdasarkan NUPTK, maksudnya adalah ini bisa digunakan mengecek apakah NUPTK yang dimilikinya benar dan sesuai dengan data dirinya. Atau bisa juga untuk mendapatkan data tentang PTK. Cara mencari NUPTK berdasarkan NUPTK adalah kunjungi Search Engine NUPTK lalu pilih menu Penelusuran kemudian klik NUPTK. Terakhir masukan nomor NUPTK dan tekan enter, maka akan muncul data pemilik NUPTK tersebut.


Selain melalui layanan resmi website, NUPTK juga dapat dilihat melalui Apilkasi NUPTK Webrowser. Aplikasi v176.15 ini lebih canggih dibanding versi sebelumnya. Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah data NUPTK dapat diunduh dalam format excel. Anda juga bisa Downlaod Apilkasi NUPTK Webrowser, klik saja link tersebut.

Manfaat Untuk Tenaga Pendidik yang Memiliki NUPTK
1. Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.
2. Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.