Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Menjelang implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada jenjang Sekolah Dasar pada tahun pelajaran baru 2022/2023 dilaksanakan bimbingan teknis (bimtek) bagi guru kelas 2 SD. Kurikulum Merdeka diharapkan mampu mengatasi learning loss akibat pandemi melalui penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Salah satunya perubahan pada Kurikulum merdeka ini adalah muatan pelajaran dan alokasi waktu.


Kurikulum Merdeka yang dimulai pada awal tahun ajaran baru ini kembali dengan menggunakan pendekatan mata pelajaran. Dalam menyusun jadwal pelajaran, guru kelas 2 dapat memakai pembagian waktu per minggu dengan mata pelajaran. Namun, pada struktur Kurikulum Merdeka kelas 2 alokasi waktu dibagi menjadi 2 yaitu; alokasi intrakurikuler dan alokasi projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Mata pelajaran pada kelas 2 yaitu; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, dan Muatan Lokal. Total jam keseluruhan kelas 2 Sesuai Kurikulum Merdeka adalah 1368 jam pelajaran. Berikut alokasi dan jadwal pelajaran kelas 2 Kurikulum Merdeka:

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka


Download Contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 adalah hal yang baru pada Kurikulum Merdeka di SD. Dalam penyusunan jadwal pelajaran kelas 2 SD wajib mencantumkan kegiatan proyek baik dilakukan per akhir pelajaran, per minggu atau per periode. Pembelajaran berbasis proyek (PBL) bertujuan supaya peserta didik mendapat pemahaman dan mampu menyelesaikan masalah berbekal pembelajaran yang sudah dilakukan. 


Untuk kelancaran proses kegiatan belajar mengajar, guru kelas 2 harus sudah melengkapi administrasi kelas berupa jadwal pelajaran sesuai struktur Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah merilis dokumen Struktur Kurikulum Merdeka SD dilengkapi dengan alokasi waktu dan contoh jadwal mata pelajaran kelas 2 SD. 

SekolahDasar.Net akan berbagi referensi jadwal pelajaran Kurikulum merdeka untuk kelas 2 SD. Contoh jadwal ini dapat guru kelas 2 manfaatkan sebagai gambaran dalam menentukan Proyek di sekolah. Alokasi waktu dan jadwal pelajaran kelas 2 Kurikulum Merdeka dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Itulah informasi terkini terkait alokasi dan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka kelas 2. Dengan segera membuat jadwal pelajaran siswa kelas 2 bisa mengetahui apa pelajaran besok yang dipelajari di sekolah. Semoga contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka kelas 2 bisa menjadi referensi yang bermanfaat guru kelas 2.